Mahasiswa KKN Unsyiah Latih Wanita di Pandrah, Bireuen Keterampilan Seni Membatik

Selain itu juga pengecekan kesehatan gratis, berupa cek tensi dan gula darah, pelatihan komputer bagi siswa dan kelas Bahasa Inggris bagi siswa SD.

Mahasiswa KKN Unsyiah Latih Wanita di Pandrah, Bireuen Keterampilan Seni Membatik
SERAMBINEWS.COM/FERIZAL HASAN
Mahasiswa KKN Unsyiah Banda Aceh, mengelar pelatihan memasak, manajemen keuangan, cek kesehatan gratis, posyandu, tata bahasa, seni batik dan aneka lomba tingkat anak usia dini, di Meunasah Desa Pandrah Kandeh, Kecamatan Pandrah, Bireuen, Jumat (12/07/2019). 

Laporan Ferizal Hasan I Bireuen

SERAMBINEWS.CON, BIREUEN - Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Bireuen, menggelar pelatihan dan aneka lomba kepada masyarakat dan anak-anak.

Seperti yang dilakukan kelompok mahasiswa KKN di Desa Pandrah Kandeh, Kecamatan Pandrah, Bireuen, mereka mengelar pelatihan memasak, manajemen keuangan, cek kesehatan gratis, posyandu, tata bahasa, seni batik dan aneka lomba tingkat anak usia dini, di kompleks meunasah desa setempat, Jumat (12/07/2019).

Ketua Kelompok Mahasiswa KKN, Iskandar Muda Hasibuan, kepada Serambinews.com mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kerja nyata mempraktik keahlian dari mahasiswa untuk diaplikasikan ke masyarakat langsung apa-apa yang telah dipelajari di bangku kuliah atau di kampus.

Baca: Jokowi Sulit Bertemu Prabowo, TKN Sebut Ada Deal Khusus Antara Habib Rizieq Terkait Rekonsiliasi

Baca: Hubungan Terlarang Kakak-Adik Kandung, Dipergoki Istri saat Berhubungan Badan

Baca: Mahathir Sebut Malaysia Sudah Keluar dari Tekanan Utang, Strategi Ini Dianggap Sebagai Kuncinya

"Kita membuat beberapa kegiatan sebagai pengabdian kita sekaligus uji nyali bagaimana berhadapan langsung dengan masyarakat," kata Iskandar.

Disebutkannya, jenis kegiatan mahasiswa KKN selama sebulan ke depan antara lain, aneka lomba bagi anak-anak Sekolah Dasar (SD), meliputi Hafalan Juz Amma atau ayat-ayat pendek, lomba azan, mewarnai dan cerdas cermat.

"Sedangkan untuk para ibu-ibu memberikan pelatihan pembuatan kerupuk emping melinjo varian rasa, pembuatan arang aktif briket dari sekam padi, apotek hidup (tanaman obat) dan penyuluhan ibu hamil hasil kerja sama dengan Bidan Desa," kata Iskandar.

Sementara untuk para pemuda dan para pedagang, memberikan pelatihan akuntansi pembukuan keuangan buat pedagang.

Selain itu juga pengecekan kesehatan gratis, berupa cek tensi dan gula darah, pelatihan komputer bagi siswa dan kelas Bahasa Inggris bagi siswa SD.

Keuchik Desa Pandrah Kandeh, Drs Zakaria mengapresiasi sejumlah kegiatan mahasiswa KKN yang bermanfaat langsung bagi masyarakat setempat.

"Harapan kami ke depan agar para mahasiswa KKN didatangkan lagi ke Gampong Pandrah Kandeh, terbuka bagi mahasiswa seluruh universitas yang ada di Aceh maupun Indonesia," harapnya.(*)

Penulis: Ferizal Hasan
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved