Puluhan Guru di Aceh Dilatih Membuat Soal Prediksi Ujian Nasional

Sebanyak 92 peserta dari guru SMP/MTs se-Aceh, para dosen Fakultas Tarbiyah UIN Ar Raniry, dan unsur Puspendik Balitbang Kemendikbud, dilatih..

Puluhan Guru di Aceh Dilatih Membuat Soal Prediksi Ujian Nasional
For Serambinews.com
Suasana pelatihan penulisan soal UN yang dilaksanakan Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh di Grand Nanggroe Hotel, Banda Aceh, Jumat (12/7/2019).  

Puluhan Guru di Aceh Dilatih Membuat Soal Prediksi Ujian Nasional

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Sebanyak 92 peserta dari guru SMP/MTs se-Aceh, para dosen Fakultas Tarbiyah UIN Ar Raniry, dan unsur Puspendik Balitbang Kemendikbud, dilatih membuat soal prediksi dan try out empat mata pelajaran Ujian Nasional (UN) jenjang SMP/MTs tahun ajaran 2019/2020.

Pelatihan tersebut dilaksanakan Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh di Grand Nanggroe Hotel, Jumat (12/7/2019).  

Saat membuka kegiatan tersebut, Kepala Bidang Pembinaan SMA dan PKLK mewakili Kadisdik Aceh, Zulkifli MPd menyampaikan bahwa pelatihan itu bertujuan untuk menciptakan soal-soal berbobot pada ujian serta menyiapkan tips dalam menjawab soal bagi siswa.

“Soal yang dihasilkan nanti bisa digunakan dalam tryout, pretest, posttest dan dalam bimbingan belajar kegiatan di sekolah masing-masing,” katanya.

Baca: Peringari Hari Lingkungan Hidup, Pemkab Aceh Selatan Tanam 1.000 Pohon

Baca: Kejaksaan Negeri Bireuen Gelar Turnamen Futsal, Perebutkan Hadiah Total Rp 12 Juta

Baca: Wakil Ketua I STKIP BBG Lepas Kontingen POMDA 2019

Disebutkan, pada tahun ajaran 2018/2019, nilai rata-rata UN untuk SMP/MTs  di Aceh naik sebesar 1,5 persen. Capaian itu masih kecil jika dibandingkan dengan nilai rata-rata SMA/SMK yang naik sebesar 3 persen.

“Kita harus mampu menganalisis celah-celah kelemahan siswa dalam proses pembelajaran. Tutupi celah tersebut dengan proses remedial ataupun tugas rumah,” timpalnya.

Sementara Ketua Panitia, Masroel Afdhal  menyebut lewat pelatihan itu peserta mengkaji kisi-kisi ujian nasional.

Selain itu melatih guru dalam penulisan butir soal sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang telah ditetapkan, membuat soal berdasarkan kisi-kisi yang sesuai, serta menghasilkan soal prediksi UN 2020 dengan empat mata pelarajan yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.(*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved