Bayi 9 Bulan Alami Pembengkakan Jantung, Mau Berobat ke RS Adam Malik, Tak Ada Biaya

Syifa Arlina Rahman bayi baru berumur 9 bulan mengalami pembengkakan jantung, namun orang tua tak ada biaya untuk membawa sang anak ke ke RS...

Bayi 9 Bulan Alami Pembengkakan Jantung, Mau Berobat ke RS Adam Malik, Tak Ada Biaya
SERAMBINEWS.COM/ZUBIR
Ibunya menggendong Syifa, bayi 9 bulan yang mengalami gangguan jantung. 

Bayi 9 Bulan Alami Pembengkakan Jantung, Mau Berobat ke RS Adam Malik, Tak Ada Biaya

‎Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Syifa Arlina Rahman bayi baru berumur 9 bulan mengalami pembengkakan jantung, namun orang tua tak ada biaya untuk membawa sang anak ke ke RS Adam Malik Medan, Sumatera Utara.

Syifa Arlina merupakan anak satu-satunya dari pasangan Abdul Rahman (44) dan Zuraida (38), yang kini beralamat di Jalan Tengku Yahya, Dusun Utama, Lorong C, Gampong Paya Bujuk Tunong, Kecamatan Langsa Baro.

Menurut orang tuanya, Abdul Rahman, Sabtu (13/7/2019) mengatakan, Syifa mengalami gangguan pada jantung sejak usianya baru memasuki 4 bulan, dan sejak itulah kondisi balita dari keluarga kurang mampu ini menurun drastis.

Tanda-tanda Syifa mengalami gangguan jantung mulai terlihat, karena nafasnya mulai sesak, bila setelah minum asi dia banyak bergerak dan badannya seperti kaku, lalu mulut, kaki hingga tangannya membiru.

Awalnya orang tua Syifa mengira anaknya itu mengalami demam biasa, dan hanya memberikan obat bisa saja ke anak pertama mereka itu.

Mereka tidak menyangka Syifa ternyata mengidap penyakit berbahaya dan tergolong berbiaya mahal dalam penanganan medisnya ini.

Pada tanggal 4 Juli 2019 lalu, orang tua Syifa membawanya periksa ke Puskesmas Langsa Baro. Petugas medis puskesmas melihat kondisi bayi ini mengalami gangguan kesehatan serius, sehingga langgsung mengeluarkan surat rujuk ke Rumah Sakit Cut Meutia Langsa.

Dikarenakan Syifa belum terdaftar di BPJS kesehatan, terpaksa orang tuanya terlebih dahulu mengurus BPJS Kesehatan. Pengurusan BPJS memakan waktu berapa hari, sehingga orang tua Syifa baru bisa merujuk anaknya itu pada Kamis (11/7/2019) lalu ke RS Cut Meutia.

Halaman
12
Penulis: Zubir
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved