Bom Bunuh Diri di Somalia Renggut 26 Nyawa, Termasuk Dua Warga Amerika, al-Shabaab Bertanggung Jawab

pertempuran senjata antara pasukan keamanan dan anggota kelompok al-Shabaab yang berafiliasi dengan al-Qaeda pecah setelah ledakan bom, Jumat malam

Bom Bunuh Diri di Somalia Renggut 26 Nyawa, Termasuk Dua Warga Amerika, al-Shabaab Bertanggung Jawab
Twitter.com/@AJEnglish
Pejuang Al-Shabab pernah menguasai kota-kota besar di Somalia, tetapi kemudian dihalau oleh pasukan Uni Afrika. 

Bom Bunuh Diri di Somalia Renggut 26 Nyawa, Termasuk Dua Warga Amerika, al-Shabaab Bertanggung Jawab

SERAMBINEWS.COM, MOGADISHU - Sedikitnya 26 orang tewas dan lebih dari 50 lainnya luka-luka setelah serangan bom bunuh diri menargetkan hotel populer di kota pantai selatan Somalia, Kismayo, kata para pejabat, Sabtu (13/7/2019).

Kantor Berita Turki, Anadolu Agency memberitakan, pertempuran senjata antara pasukan keamanan dan anggota kelompok al-Shabaab yang berafiliasi dengan al-Qaeda pecah setelah ledakan bom pada Jumat malam.

Presiden negara bagian Jubaland, Ahmed Mohamed Islam, yang juga dikenal sebagai Ahmed Madobe, mengatakan satu orang Inggris, satu orang Kanada, tiga orang Kenya, tiga warga negara Tanzania, dan dua warga negara AS termasuk di antara mereka yang tewas dalam serangan itu.

Kelompok yang berbasis di Somalia al-Shabaab mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan itu, dengan mengatakan para pejuangnya membunuh pejabat pemerintah dalam serangan itu.

Kismayo adalah kota pelabuhan strategis yang terletak sekitar 500 kilometer (310 mil) selatan ibukota Somalia, Mogadishu.

Ini adalah jenis serangan pertama di Kismayo sejak pemerintah Somalia dan pasukan Amisom mengambil kota dari al-Shabaab pada 2012.

Turki pada hari Sabtu "sangat" mengutuk serangan teror.

"Kami mendoakan belas kasihan Allah bagi mereka yang kehilangan nyawa, pemulihan yang cepat bagi yang terluka dan menyampaikan belasungkawa kami kepada Pemerintah yang ramah dan persaudaraan serta rakyat Somalia," kata Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan.

Baca: Darwati A Gani: Pelaku Pelecehan Seksual tak Cukup Dicambuk 90 Kali

Baca: Adu Ketajaman Antara Trio Real Madrid Dengan Barcelona di El Clasico 2019-2020?

Fakta Singkat Al Shabab

Halaman
1234
Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved