Guru Kimia Atim Dilatih Antisipasi Kecelakaan Kerja di Laboratorium

Kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) kimia merupakan salah satu bentuk kolompok masyarakat nonproduktif yang layak untuk dijadikan sebagai

Guru Kimia Atim Dilatih Antisipasi Kecelakaan Kerja di Laboratorium
SERAMBINEWS.COM/ZUBIR
Peserta pelatihan penanggulangan kecelakaan kerja bagi guru kimia Aceh Timur, di Laboratorium Kimia SMA Negeri Unggul Aceh Timur, Sabtu (13/7/2019). 

Laporan Seni Hendri l Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Dosen Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samudra (Unsam) Langsa melakukan pelatihan penanggulangan kecelakaan kerja bagi guru kimia Aceh Timur, di Laboratorium Kimia SMA Negeri Unggul Aceh Timur, Sabtu (13/7/2019).

Ketua pelaksana kegiatan Jofrishal MPd mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan wajib bagi dosen pada perguruan tinggi dan merupakan salah satu bentuk dari Tri Dharma perguruan tinggi yang salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat (PKM).

Jofrishal mengatakan program PKM ini harus menjawab permasalahan yang terjadi di masyarakat, melalui kegiatan yang bersifat aplikatif.

Kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) kimia merupakan salah satu bentuk kolompok masyarakat nonproduktif yang layak untuk dijadikan sebagai mitra kegiatan pelatihan ini.

Di samping itu, kurangnya minat guru-guru kimia dalam melakukan kegiatan praktikum di sekolah salah satunya disebabkan resiko yang tinggi dalam penggunaan bahan-bahan kimia.

Baca: Lepas Atribut Ustaz Kondang dan Nyaman Bersepeda, Begini Keseharian Ustaz Abdul Somad di Sudan

Baca: Meski Populer di Indonesia, Nama-nama ini Justru Masuk dalam Daftar Nama Terlarang di Arab Saudi

Baca: Meski Populer di Indonesia, Nama-nama ini Justru Masuk dalam Daftar Nama Terlarang di Arab Saudi

Bahan-bahan kimia, jelas Jofrisal, umumnya memiliki risiko yang tinggi terhadap kecelakaan seperti kebakaran, meledak, mengakibatkan luka bakar, keracunan dan risiko lainnya.

“Untuk mengantisipasi hal itu, guru mesti mengenal jenis-jenis risiko dari setiap bahan kimia yang akan digunakan pada saat praktikum dengan membaca Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB) untuk masing-masing bahan kimia,” jelas Jofrisal.

LDKB, katanya, merupakan standar keselamatan bahan yang berisi informasi bahan kimia meliputi sifat fisika, kimia, jenis bahaya yang ditimbulkan, cara penanganan, tindakan khusus dalam keadaan darurat dan informasi lain yang diperlukan.

Berdasarkan permasalahan tersebut, lanjut Jofrisal, tim PKM Unsam yang beranggotakan Rahmatul Fajri, MSi dan Ratih Permana Sari, MPd melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan tentang cara mencegah potensi kecelakaan kerja di laboratorium kimia melalui pengenalan LDKB bagi guru-guru kimia Aceh timur yang tergabung dalam Kelompok MGMP Kimia Aceh Timur.

Irmi, MPd sebagai ketua MGMP Kimia Aceh Timur mengatakan bahwa kegiatan sangat bermanfaat dan telah memberikan informasi yang sangat berguna bagi guru dalam mencegah kecelakaan kerja di laboratorium kimia baik bagi guru maupun bagi peserta didik.(*)

Penulis: Zubir
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved