Banda Aceh Sabet Tiga Gelar Juara

Kota Banda Aceh menyabet tiga gelar juara di ajang Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong

Banda Aceh Sabet Tiga Gelar Juara
IST
WALI Kota Banda Aceh, Aminullah Usman (enam kiri) dan istri, Hj Nurmiaty AR (lima kanan) foto bersama Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, seusai menerima sejumlah penghargaan juara dalam ajang lomba Gampong tingkat Provinsi Aceh, pada penutupan kegiatan Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (PIPMG) Aceh tahun 2019, di Lapangan Umah Pintu Ruang Kampung Bale Atu, Bener Meriah, Sabtu (13/7). 

* Lhong Raya Gampong Terbaik se-Aceh

BANDA ACEH - Kota Banda Aceh menyabet tiga gelar juara di ajang Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PIPMG) Aceh 2019 yang laksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh bersama dinas terkait, di Lapangan Umah Pintu Ruang Kampung Bale Atu, Kecamatan Bukit, Bener Meriah.

Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong 2019 disatukan dengan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBMRGM) XVI, Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 dan Hari Keluarga Nasional XXVI yang berlangsung 9-13 Juli dibuka Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi dan ditutup oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dengan diwarnai pemberian hadiah kepada para pemenang lomba empat kegiatan itu.

Tiga gelar yang disabet Banda Aceh, dua di antaranya adalah juara pertama dan satu juara II. Juara pertama diraih Gampong Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya, dalam lomba gampong se-Aceh. Selain gampong terbaik tingkat provinsi, ibu kota Provinsi Aceh itu juga menyabet gelar juara pertama bidang inovasi pengembangan teknologi, yakni alat produksi minyak nabati multi umpan. Sedangkan satu gelar juara kedua diraih Banda Aceh melalui stannya.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat menutup PIPMG Aceh 2019 menyatakan rasa gembiranya karena banyak pimpinan daerah yang menghadiri kegiatan itu. Selain dihadiri sejumlah pejabat pusat, para kepala daerah juga hadir diantaranya Bupati Pidie Ahmad Roni (Abu Syik), Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi, Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib, Bupati Aceh Timur Hasballah M Thaib, Bupati Aceh Barat Ramli MS, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dan sejumlah wakil bupati/wali kota.

Nova berharap gampong-gampong di Aceh perlu membanyak dan meningkatkan inovasi dan kreatif. Inovasi dan kreatif itu bisa dilakukan melalui BUMG, karena untuk pembiayaan kegiatan dari hasil inovasi dan kreatif masyarakat desa bisa menggunakan dana BUMG yang bersumber dari dana desa.

Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Aceh dan Kabupaten/Kota ini, menurut Nova, sangat memberikan manfaat kepada masyarakat. Alasannya, bisa membangkitkan semangat masyarakata desa, untuk terus berinovasi dan berkreatif menghasilkan sesuatu hal yang baru, yang bisa memudahkan untuk bekerja menghasilkan yang bermanfaat buat orang banyak.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, Drs Bukhari MM didampingi Kabid Pemerintahan Gampong DPMG Aceh, Mohd Irfan dan Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Gampong, T Zul Husni kepada Serambi, mengatakan, salah satu indikator penilaian lomba desa adalah kelembagaan pemerintahan desa yang kuat, kemudian kegiatan usaha ekonomi desanya untuk menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran juga bisa dirasakan oleh masyarakatnya.

“Desa yang meraih juara terbaik I akan diikutkan sertakan pada lomba desa terbaik tingkat nasional, yang akan dilaksanakan bulan Agustus 2019 di Jakarta,” pungkas Bukhari.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman didampingi Ketua TP PKK Kota, Hj Nurmiaty AR menyampaikan apresiasi ungkapan terimakasihnya kepada masyarakat Kota Banda Aceh. Dengan partisipasi warga kota, Banda Aceh telah mengukir prestasi dan meraih juara di tiga katagori. “Dari 6.497 gampong di Aceh, Lhong Raya menjadi yang terbaik dan penghargaan kembali ke Banda Aceh,” ujarnya.

Aminullah menyampaikan, yang ditampilkan dalam lomba ini adalah teknologi tetap guna unggulan, ada pula inovasi unggulan, seperti alat produksi minyak nabati multi umpan yang kemudian Banda Aceh juga mendapatkan juara satu.

“Ini semua adalah miliknya masyarakat Banda Aceh. Dan semua juara itu nantinya akan ditampilkan di Bengkulu, pada tingkatan Nasional,” kata Aminullah.

Untuk mempertahankan prestasi ini, Aminullah mengatakan Pemko melalui Dinas terkait akan terus melakukan pembinaan dan bimbingan kepada setiap masyarakat yang memiliki kemampuan dan inovasi dalam perkembangan gampong.(her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved