Budi Daya Nila Binaan BMA Panen Perdana

Baitul Mal Aceh (BMA) melakukan panen ikan nila di Gampong Lambarih Jurong Raya, Kecamatan Sukamakmur, Aceh Besar

Budi Daya Nila Binaan BMA Panen Perdana
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Pelaku budi daya ikan di Aceh Singkil, tanda tangan kerjasama investasi dengan PT Growpal, Senin (8/5/2018). 

BANDA ACEH - Baitul Mal Aceh (BMA) melakukan panen ikan nila di Gampong Lambarih Jurong Raya, Kecamatan Sukamakmur, Aceh Besar, Minggu (14/7). Panen perdana program ‘Gampong Produktif’ binaan BMA bersama Baitul Mal Gampong setempat itu dihadiri Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Drs Mahdi Ahmadi MM dan jajarannya serta para tokoh gampong.

Ketua BMG Lambarih Jurong Raya, Irfan, di sela kegiatan panen perdana bersyukur bahwa budi daya nila yang sudah dijalankan selama tiga bulan itu kini membuahkan hasil. Disebutkan, awalnya pihaknya mendapat bantuan 7.000 bibit ikan nila untuk tiga petak kolam. “Alhamdulillah, setiap kolam kini menghasilkan sekitar 350 kilogram ikan nila,” ujarnya, dan menyebut hasil panen perdana itu akan dinikmati bersama warga serta dibagikan kepada fakir miskin di gampong sekitar.

Sementara Plt Kepala BMA, Mahdi Ahmadi mengatakan, setiap tahun pihaknya menganggarkan dana ratusan juta rupiah untuk permberdayaan ekonomi masyarakat melalui BMG. Baitul Mal memberikan modal usaha kepada gampong-gampong yang berpotensi berdasarkan permintaan masyarakatnya. “Setiap tahun BMG yang sudah disuntik dana akan di-monitoring dan evaluasi. Jika dikelola secara baik, maka kami akan memberikan tambahan modal untuk tahun selanjutnya,” ujarnya.

Selain budi daya ikan air tawar di Gampong Lambarih Jurong Raya, Baitul Mal juga membina sejumlah gampong lainnya di kabupaten/kota se-Aceh. Usaha yang dilaksanakan setiap gampong pun beragam mulai dari budi daya jahe merah, nilam, ayam petelur, lebah, hingga ternak sapi.

Pada tahun ini, lanjut Mahdi, Baitul Mal Aceh juga akan memberikan modal usaha untuk 10 gampong masing-masing Rp 50 juta setelah diverifikasi. “Kami berharap program pemberdayaan masyarakat ini dapat membantu untuk meningkatkan penghasilan fakir miskin di Aceh,” jelasnya.(fit)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved