Bupati Aceh Besar Lepas 534 JCH

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ibrahim, melepas sebanyak 534 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Aceh Besar untuk berangkat ke Tanah Suci Mekkah

Bupati Aceh Besar  Lepas 534 JCH
SERAMBI/JALIMIN
BUPATI Aceh Besar, Mawardi Ali bersama Wakil Bupati Tgk H Husaini A Wahab memberi ucapan selamat kepada para JCH Aceh Besar pada saat penglepasan dan peusijuk, di Masjid Jamik Lambaro, Ingin Jaya, Minggu (14/7). SERAMBI/JALIMIN 

JATHO - Bupati Aceh Besar, Mawardi Ibrahim, melepas sebanyak 534 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Aceh Besar untuk berangkat ke Tanah Suci Mekkah. Suasana isak tangis mewarnai prosesi penglepasan sekaligus peusijuk para jamaah, di Masjid Jamik Lambaro, Ingin Jaya, Minggu (14/7) pagi.

Sebanyak 534 CJH Aceh Besar akan diberangkatkan dalam lima kelompok terbang (kloter) menuju ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar. Mereka tergabung dalam kloter 02, 04, 05, 08, 09 dan kloter 12 Embarkasi Banda Aceh (BTJ).

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali dan Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab serta pejabat lain melakukan peusijuk terhadap para JCH. Pada kesempatan itu, bupati juga memberikan bungong jaroe (bingkisan) kepada para JCH.

Mawardi mengatakan, seluruh JCH yang telah dipilih Allah SWT untuk berangkat ke Tanah Suci tahun ini merupakan rahmat luar biasa. Untuk itu, ia berharap keberangkatan ini benar-benar karena Allah SWT dan menjaga perjalanan para jamaah hingga sampai ke tanah suci Mekkah.

Selama berada di Tanah Suci, katanya, para jamaah diharapkan dapat beribadah dengan khusyuk, tekun dan memperbanyak doa. Selain itu, diharapkan dapat berdoa secara khusyuk, tekun, dan senantiasa berdoa untuk kebaikan di dunia dan di ahirat. Bupati juga berpesan kepada para jamaah agar tidak membawa barang-barang yang tidak diperkenankan di samping mengganggu kenyamanan juga mengganggu penerbangan dalam pesawat. “Ikutilah aturan yang sudah ditetapkan pemerintah. Baik itu aturan di bandara, dalam pesawat, begitu juga dengan aturan yang berada di Tanah Suci,” imbaunya.

Sementara itu, dosen UIN Ar-Raniry Dr Fauzi Saleh MA dalam Tausiahnya mengatakan, selain memberikan tips dan informasi tentang kelebihan-kelebihan dan keutamaan ibadah haji, juga harus khusyuk dalam melaksanakan semua rukun haji. “Ketika berhaji, niat kita harus betul-betul fokus semata-mata karena Allah, jangan terlalu sibuk dengan hal-hal yang tidak perlu, terutama bagi jamaah haji yang masih usia muda,” ujarnya.

Jumlah Jamaah Meningkat
Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Besar, H Abrar Zym SAg menyebut JCH Aceh Besar yang akan berangkat pada pada musim haji 1440 Hijriah sebanyak 534 orang (208 laki-laki dan 325 orang perempuan).

Jamaah termuda adalah Muhammad Rifqi Saifullah (21 tahun) asal Gampong Beurabung dan jamaah tertua adalah Ishak Hamid Sulaiman (94 tahun), asal Gampong Tungkop Kecamatan Darussalam. “Jumlah JCH yang berangkat tahun ini meningkat dibanding tahun-tahun lalu, sedangkan waiting list (daftar tunggu) per 12 Juli 2019 porsi Provinsi Aceh mencapai 175.119 orang, untuk Aceh Besar 10.597 orang dengan masa tunggu (waiting list) selama 26 tahun,” jelasnya sambil menambahkahkan bahwa JCH Aceh Besar akan mulai berangkat pada 24 Juli.(min)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved