Jurnalisme Warga

Indahnya Panorama Pantai Pasie Saka

KABUPATEN Aceh Jaya merupakan daerah yang ditakdirkan indah secara visual, baik alam pegunungan maupun pantainya

Indahnya Panorama Pantai Pasie Saka
IST
JON PAISAL, M.Ag., Dosen STAIN Teungku di Rundeng dan Anggota Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Meulaboh, melaporkan dari Pasie Saka, Aceh Jaya

JON PAISAL, M.Ag., Dosen STAIN Teungku di Rundeng dan Anggota Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Meulaboh, melaporkan dari Pasie Saka, Aceh Jaya

KABUPATEN Aceh Jaya merupakan daerah yang ditakdirkan indah secara visual, baik alam pegunungan maupun pantainya.

Di wilayah ini terdapat Gunung Geurutee dan Gunung Cencrang di puncak Laguen. Memandangi laut dari gunung-gunung ini sungguh pemandangan yang memanjakan mata dan menenangkan jiwa.

Pesona pantainya pun menjadi magnet untuk rekreasi bagi banyak wisatawan. Ada pantai Rigaih, Pulo Reusam, dan Lhok Geulumpang yang menawan. Juga ada pantai Pasie Saka yang eksotik dan sangat alami.

Selain itu masih ada tempat-tempat wisata lain yang tersembunyi di daerah ini. Pantai-pantai tersebut tentu mempunyai keunikan dan keindahannya masing-masing. Tapi di antara tempat yang indah-indah tersebut yang paling sering saya datangi pada sore hari adalah pantai Pasie Saka. Bersama teman-teman di kampung kami menikmati indahnya panorama Pasie Saka, bahkan kami sempat bermalam di pantai ini menikmati kerlip bintang, laut yang teduh, serta angin sepoi-sepoi. Bersahabat dengan alam di pinggir pantai yang indah seperti ini sungguh menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Bisanya kami ke Pasie Saka naik sepeda motor dengan membawa bekal secukupnya dan sekitar pukul 15.00 WIB tiba di pantai. Tak lupa kami bawa kail, mata pancing, dan timah yang banyak, karena di sini terdapat beberapa spot memancing yang ikannya seperti ikan yang kelaparan.

Kami juga membawa snack, bubuk kopi, air putih, tempat memasak air, sajadah plus kain sarung. Jadi, sambil memancing dan rekreasi, kewajiban sebagai muslim tidak boleh tinggal, shalat wajb lima waktu di mana pun kita berada. Terkadang ada juga yang unik. Seorang teman saya selalu menggunakan baju jasnya sebagai sajadah saat ia shalat di hamparan batu karang tepi pantai.

Pantai yang kami datangi ini dinamakan Pasie Saka (Pasir Gula) karena pasirnya putih dan lembut bagaikan gula yang terhampar menghiasi tepi pantai.

Pasie Saka terletak di Desa Jeumpheuk, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, tidak jauh dari jalan lintas Banda Aceh-Meulaboh. Hanya sepuluh menit melintasi pegunungan dari Desa Jeumpheuk kami sudah sampai di lokasi. Kalau dari Calang, ibu kota Kabupaten Aceh Jaya, kita butuh waktu sekitar 40 menit untuk tiba di pantai ini atau tepatnya di Km 117 dari Banda Aceh.

Kami datang ke sini bukan sekadar memancing ikan dan bermalam (camping), tetapi juga mengabadikan beberapa tempat indah dalam bentuk foto sebagai kenangan bersama teman. Kami punya puluhan foto tentang spot-spot yang menarik untuk berselfi ria di pantai eksotik ini.

Halaman
123
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved