KNPI Buka Peluang Dagang dan Promosi Banda Aceh ke Malaysia

Apalagi Penang dan Aceh memiliki geografis yang dekat dan selama ini sebagian besar pasar wisata Banda Aceh adalah turis Malaysia.

KNPI Buka Peluang Dagang dan Promosi Banda Aceh ke Malaysia
SERAMBINEWS.COM/FOR SERAMBINEWS
KNPI Banda Aceh melakukan kunjungan ke sejumlah kota di Malaysia pada 5-8 Juli 2019 rangka mempromosikan Kota Banda Aceh dan membuka peluang pasar perdagangan. 

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - KNPI Banda Aceh melakukan kunjungan ke sejumlah kota di Malaysia pada 5-8 Juli 2019.

Kunjungan itu dalam rangka mempromosikan Kota Banda Aceh dan membuka peluang pasar perdagangan ke negeri jiran tersebut.

Dalam kunjungan itu, rombongan KNPI Banda Aceh bertemu dengan Konsulat Jenderal RI di Penang, bertemu pihak School of Housing, Building & Planning, Universitas Sains Malaysia (USM).

Sementara di Kuala Lumpur, rombongan menggelar pertemuan dengan Persatuan Masyarakat Indonesia di Malaysia dan Majelis Belia Malaysia di Kuala Lumpur.

Ketua KNPI Banda Aceh, Afdhal Khalilullah Mukhlis yang didampingi Ketua Panitia Kunjungan, Maulidawati mengatakan, kedatangan mereka ke negeri jiran untuk mempromosikan potensi Banda Aceh kepada masyarakat Malaysia.

Afdhal menjelaskan, KNPI sudah mendapat kesepakatan dengan Konjen RI Penang agar membuka informasi peluang pasar perdagangan antara Aceh dan Penang.

Baca: Musim Haji Ini, Pertamina Prediksi Permintaan Avtur di Bandara SIM Meningkat Hingga 1,6 Juta Liter

Baca: Rektor UTU Prof Jasman J Maruf, RAPBA Harus Dibahas Segera

Baca: Buntut Insiden Penembakan di Lokasi Keyboard Bupati Aceh Singkil Perintahkan Tutup Akses Masuk Miras

Sehingga peluang itu dapat dimanfaatkan oleh pengusaha Aceh untuk memasarkan produknya ke Malaysia.

“Semoga adanya peluang pasar ini akan membuka peluang bagi pengusaha Aceh untuk memasarkan produk terbaiknya ke Malaysia. Aceh akan maju kalau mampu memanfaatkan peluang perdagangan bebas ini. Apalagi adanya IMT-GT jadi modal untuk memperjuangkan harapan pengusaha-pengusaha Aceh,” ujar Afdhal.

Dikatakan Afdhal, jika ada pengusaha Aceh yang memiliki produk maka dapat membangun komunikasi dengan KNPI Aceh.

Karena nanti akan difasilitasi mengenai potensi pasar, melalui informasi yang akan diberikan oleh Konjen RI Penang.

Selain itu, KNPI juga meminta agar setiap ada event yang digelar oleh Konjen RI Penang, maka akan disediakan slot untuk promosi pariwisata dan potensi Banda Aceh.

Apalagi Penang dan Aceh memiliki geografis yang dekat dan selama ini sebagian besar pasar wisata Banda Aceh adalah turis Malaysia.

Mereka juga bertemu akademis USM Penang meminta salah satu kampus favorit Malaysia itu merencanakan program halal tourism ke Banda Aceh karena saat ini Banda Aceh sedang gencar membangun pariwisata.(*)

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved