Semua Keuchik di Nagan akan Studi Banding

Seluruh keuchik di Kabupaten Nagan Raya yang berjumlah 220 desa semuanya akan melakukan studi banding ke luar daerah

Semua Keuchik di Nagan akan Studi Banding
Dok: Disdukcapil Nagan Raya
Para keuchik di Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Selasa (11/12/2018), mengikuti sosialisasi kebijakan kependudukan terkait kesadaran pembuatan data kependudukan, yang berlangsung di Aula Serba Guna Seunagan Timur. 

SUKA MAKMUE - Seluruh keuchik di Kabupaten Nagan Raya yang berjumlah 220 desa semuanya akan melakukan studi banding ke luar daerah, salah satunya ke Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar) dan Yogyakarta. Studi banding itu bertujuan untuk membuka daya pikir para keuchik terhadap pengembangan pendapatan gampong, sehingga dapat membantu mensejahterakan masyarakat dan kemandirian desa itu sendiri.

“Saat ini, ada beberapa kecamatan yang sudah melaksanakan studi banding ke kawasan Cibodas, di antaranya Kecamatan Darul Makmur, Tripa Makmur, Kuala, dan beberapa kecamatan lainnya. Yang belum juga akan segera menyusul karena semua desa telah mengalokasikan biaya untuk kegiatan tersebut,” jelas Drs Ujang MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Gampong, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (BPMG-P4) Nagan Raya kepada Serambi, Minggu (14/7).

Dijelaskannya, para keuchik yang melakukan studi banding ke Jawa Barat mengunjungi Desa Cibodas, Kecamatan Lembang guna melihat langsung sistem pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Mandiri Cibodas yang menjadi percontohan pengelolaan BUMDes. Ia menerangkan, Cibodas kini menjadi contoh sukses desa yang mampu menciptakan Pendapatan Asli Desa yang cukup besar dengan berbagai usaha seperti air bersih, perkebunan, dan peternakan.

“Sehingga dengan studi banding itu diharapkan mampu membuka daya pikir keuchik dalam mengembangkan badan usaha gampong di desanya masing-masing sesuai dengan kesiapan desa itu sendiri,” pungkasnya.(c45)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved