Terkait Capaian Dua Tahun Pemerintah Aceh, Effendi Hasan: Jangan Hanya Pencitraan

"Hal ini harus dijelaskan secara jujur dan benar ke publik, jangan hanya membuat image making (pencitraan),"

Terkait Capaian Dua Tahun Pemerintah Aceh, Effendi Hasan: Jangan Hanya Pencitraan
FOR SERAMBINEWS.COM
Pengamat Politik dan Pemerintahan di Aceh, Dr Effendi Hasan MA 

Terkait Capaian Dua Tahun Pemerintah Aceh, Effendi Hasan: Jangan Hanya Pencitraan

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Realisasi pembangunan Aceh pada tahun kedua pemerintahan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah (Irwandi-Nova) benar-benar sedang disorot.

Angka-angka yang diklaim sebagai keberhasilan dan peningkatan dalam berbagai aspek yang dipublis melalui baliho-baliho, dinilai tidak mencapai terget sebagaimana yang ditetapkan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Aceh (RPJMA) yang telah disusun sebelumnya.

Pengamat Politik dan Pemerintahan di Aceh, Dr Effendi Hasan MA, mengatakan, Pemerintah Aceh harus lebih transparan dalam menyajikan data-data yang benar kepada publik tentang capaian pembangunan Aceh selama dua tahun.

Baca: Ada Gerhana Bulan Parsial Dini Hari Ini, Warga Aceh Dapat Saksikan Selama Tiga Jam

Data-data tersebut meliputi standar dan indikator capain dan angka-angka yang ditampilkan terutama menyangkut dengan pertumbuhan ekonomi.

"Berhubung menurut data statistik, Aceh berada pada urutan termiskin di Sumatera dengan APBD/APBA yang jumlahnya sangat besar," katanya Effendi.

"Hal ini harus dijelaskan secara jujur dan benar ke publik, jangan hanya membuat image making (pencitraan)," tambahnya.

Baca: Rustam Effendi: Jejak Aceh Hebat Ada yang Nggak Jelas

Menurut Effendi, bagaimana mungkin data yang ditampilkan berbanding terbalik dengan kenyataan atau standar nasional yang memvonis Aceh sebagai daerah termiskin dan ini perlu catatan penting bagi Pemerintah Aceh untuk mencari solusi.

"Menurut hemat kami juga, data pengangguran yang ditampilkan juga mengalami peningkatan, namun dalam kenyataannya yang kami amati belum ada kemajuan terutama terciptanya lapangan kerja bagi rakyat Aceh dengan adanya industri/pabrik baru yang dibuka di Aceh selama 2 tahun terakhir," pungkasnya. (*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved