Bupati Aceh Tengah dan Bener Meriah Hadiri Peresmian Indonesia International Smart City Forum

Bupati Bener Meriah dan Bupati Aceh Tengah hadiri peresmian pembukaan "Indonesia International Smart City forum 2019" di Jakarta Convention Center.

Bupati Aceh Tengah dan Bener Meriah Hadiri Peresmian Indonesia International Smart City Forum
For Serambinews.com
Bupati Aceh Tengah dan Bener Meriah Hadiri Peresmian Indonesia International Smart City Forum di Jakarta, Rabu (17/7/2019). 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA --- Bupati Bener Meriah Tgk Sarkawi dan Bupati Aceh Tengah Shabela Abu Bakar hadiri peresmian pembukaan "Indonesia International Smart City forum 2019" di Jakarta Convention Center (JCC) Rabu, (17/7/2019).

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian Komunikasi dan Informasi,dan diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia H. Muhammad Jusuf Kalla.

Dalam sambutannya Jusuf Kalla mengatakan bahwa acara tersebut diharapkan dapat memotivasi para kepala daerah memanfaatkan teknologi dalam pengelolaaan pembangunan daerah.

"Teknologi hanya akan bisa dimanfaatkan oleh para kepala daerah yang cerdas dan memiliki inovasi yang tinggi dalam visi pembangunan," kata Wapres.

Bupati Bener Meriah Tgk. Sarkawi yang seusai acara mengatakan teknologi dalam perspektif pembangunan kabupaten Bener Meriah tentu menjadi keniscayaan, namun Bener Meriah menyesuaikan kebutuhan teknologi dalam kapasitas yang diperlukan.

"Saat ini kemajuan teknologi membutuhkan penyesuain sesuai keperluan, Bener Meriah tentunya akan menuju era smart city seperti yang dicanangkan pemerintah, mengingat pemerintah daerah adalah perpanjangan tangan pemerintah pusat dalam pembangunan" ujar Sarkawi.

Baca: Aceh Besar akan Tampilkan Produk Unggulan di PIPMG 2019 Bener Meriah, Ini Tiga Produk Unggulan Itu

Baca: 5 Fakta Kontraktor Sebut Bupati Aceh Tengah Biadab di Facebook, Mengaku Kecewa Kalah Tender Proyek

Bupati Aceh Tengah Shabella Abu Bakar menuturkan produksi sampah rumah tangga di kabupaten yang ia pimpin bisa mencapai 20 truk perhari dengan estimasi tiga ton sampah diangkut dengan satu truk, total 60 ton sampah yang harus diangkut, hal ini menyebabkan permasalahan serius, karena menyebabkan pemborosan biaya pengangkut sampah yang dikeluarkan oleh pemerintah.

"Kita berharap masalah sampah bisa diatasi dengan program smart city ini, yaitu pengelolaan sampah yang produktif, dengan menggunakan teknologi tentunya bisa menjadi solusi yang bagus, dan hasil pengolahan sampah bisa kita manfaatkan menjadi pupuk kompos dan lain-lain," tutur Shabella.

Dalam acara peresmian tersebut kedua bupati dari kabupaten penghasil kopi ini didampingi oleh kepala dinas komunikasi dan informatika Bener Meriah Irmansyah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Aceh Tengah Khairuddin Yoes. (*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved