Kesadaran Kampus di Aceh Salurkan Zakat Melalui Baitul Mal Masih Minim

Dalam kegiatan seharian tersebut para perwakilan kampus juga membawa pulang surat pemintaan kuota pendataan beasiswa penyelesaian tugas akhir masing-

Kesadaran Kampus di Aceh Salurkan Zakat Melalui Baitul Mal Masih Minim
For serambinews.com
Baitul Mal Aceh (BMA) panen ikan nila di Gampong Lambarih Jurong Raya, Kecamatan Sukamakmur, Aceh Besar, Minggu (14/7/2019). FOTO BAITUL MAL ACEH 

Laporan Masrizal I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Baitul Mal Aceh (BMA) menyebutkan kesadaran kampus di Aceh untuk menyalurkan zakat melalui lembaga tersebut masih minim.

Terkait dengan hal itu, Baitul Mal Aceh melakukan sosialisasi zakat kepada di Hotel Cyriad, Selasa (16/7/2019).

Sosialisasi tersebut diisi oleh tiga pemateri yaitu Guru Besar UIN Ar-Raniry, Prof Al Yasa’ Abubakar, Kabid Perencanaan Pembangunan Ekonomi dan Ketenagakerjaan Bappeda Aceh, Marthunis dan Plt Kepala Baitul Mal Aceh Mahdi Ahmadi.

“Kita selaku amil di Baitul Mal Aceh terus mengetuk hati para muzakki dari berbagai kalangan untuk menyalurkan zakat mereka melalui lembaga resmi Pemerintah Aceh, sehingga semakin banyak zakat yang kita kumpul semakin ramai pula mustahik yang dapat kita berdayakan,” kata Mahdi Ahmadi.

Dalam paparannya Mahdi juga menjelaskan apa saja yang telah dilakukan Baitul Mal Aceh selama ini dengan dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS).

Dalam pemberdayaan zakat, lanjutnya, Baitul Mal Aceh membagikan program dalam beberapa bentuk seperti pemberdayaan ekonomi, pendidikan, sosial, serta dakwah dan syiar Islam.

“Baitul Mal Aceh sangat mengedepan program-program pemberdayaan jangka panjang seperti bantuan peralatan kerja, beasiswa, dan modal usaha kepada fakir miskin, di samping juga ada program dalam bentuk konsumtif seperti santunan fakir uzur seumur hidup dan program lainnya,” jelasnya.

Sementara Prof Al Yasa’ Abubakar menguraikan seputar fikih zakat penghasilan.

Selama ini masih banyak yang belum memahami harta apa saja yang dikenakan zakat dan bagaimana pemotongannya.

Baca: 5 Fakta Kontraktor Sebut Bupati Aceh Tengah Biadab di Facebook, Mengaku Kecewa Kalah Tender

Baca: Piton Raksasa Ini Pecahkan Rekor! Punya Bobot Seberat 272 kg Dapat Hidup hingga 70 Tahun Lagi

Baca: Rem Blong Saat Melaju, Truk Interkuler Terbalik di Padang Tiji, Pidie, Kondektur Cedera

Halaman
12
Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved