VIDEO - Tinggalkan Jejak Kaki, Buaya yang Masuk ke Sungai Lhoong Aceh Besar Ditangkap

ada warga yang mengaku melihat langsung kemunculan sepasang reptil berukuran besar tersebut di sungai desa mereka

VIDEO - Tinggalkan Jejak Kaki, Buaya yang Masuk ke Sungai Lhoong Aceh Besar Ditangkap
FOR SERAMBINEWS.COM
Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, menangkap seekor buaya berukuran sekitar 2,5 meter yang masuk ke Krueng Laili, Gampong Menuasah Krueng Kala, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Selasa (16/7/2019) sore 

VIDEO - Tinggalkan Jejak Kaki, Buaya yang Masuk ke Sungai Lhoong Aceh Besar Ditangkap

Laporan Misran Asri | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO – Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, menangkap seekor buaya berukuran sekitar 2,5 meter yang masuk ke Krueng Laili, Gampong Menuasah Krueng Kala, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Selasa (16/7/2019) sore.

Penangkapan reptil bertubuh besar yang hidup di air serta mampu bertahan hidup di darat tersebut ditangkap menggunakan perangkap jeruji besi, setelah jejak kaki dan ekornya sebelumnya tertinggal di pinggir sungai desa tersebut, pada Jumat (12/7/2019) pagi.

Mulai pada hari itu, dugaan kemunculan buaya yang diyakini sudah masuk ke dalam sungai yang menjadi salah satu sumber mata pencarian masyarakat setempat tersebut mulai terganggu.

Baca: Kasus Selundupan Sabu 70 Kg, Napi Tanjung Gusta Medan Jalani Sidang Perdana di PN Lhoksukon

Sehingga warga yang sehari-harinya menjaring udang, ikan, serta membuka tambak di sekitar sungai tersebut, memilih bertahan di rumah dan tidak menuju ke sungai, setelah ada muncul kekhawatiran ancaman dari hewan pemangsa tersebut.

Di samping itu, Keuchik Meunasah Krueng Kala, Hasan Basri, juga langsung mengingatkan warganya untuk tidak beraktivitas terlebih dahulu ke sungai, sebelum kondisi betul-betul dipastikan aman, setelah dugaan kemunculan jejak ekor dan kaki buaya tersebut, ditambah lagi setelah ada warga yang mengaku melihat langsung kemunculan sepasang reptil berukuran besar tersebut di sungai desa mereka.

Penangkapan seekor dari dua buaya di Krueng Laili, Gampong Meunasah Krueng Kala, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar yang masuk ke perangkap BKSDA Aceh tersebut, pertama kali diinformasi oleh seorang tokoh masyarakat Lhoong, Armiadi Abdullah kepada Serambinews.com.

Menurutnya, untuk lebih detail bagaiman kronologis penangkapannya, Armiadi mengarahkan Serambinews.com menghubungi instansi terkait.

Baca: Kasus Pembunuhan Pedagang Nasi Pecel di Ulee Kareng Banda Aceh Mulai Disidang, Lima Saksi Diperiksa

Kepala BPBD Aceh Besar, Farhan AP yang dihubungi Serambinews.com, mengatakan satu dari dua buaya yang diduga berada di Krueng Krueng Laili, Gampong Menuasah Krueng Kala, Kecamatan Lhoong, itu masuk ke dalam perangkap besi milik BKSDA Aceh yang dipasang pada Minggu (14/7/2019) siang.

Halaman
12
Penulis: Misran Asri
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved