Pedagang Bireuen Bersihkan Saluran Penuh Sampah

Saluran utama itu sudah tertutup sampah plastik di antaranya botol air mineral dan jenis lainnya yang sering menyebabkan saluran sumbat

Pedagang Bireuen Bersihkan Saluran Penuh Sampah
Serambi
Tumpukan sampah yang diangkat dari saluran depan Meunasah Kota Bireuen, Jumat (19/7/2019) kemarin. SERAMBI/YUSMANDIN IDRIS 

Pedagang Bireuen Bersihkan Saluran Penuh Sampah

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Puluhan pedagang di Bireuen bersama perangkat desa Bandar Bireuen serta Camat Kota Juang Bireuen, Drs Jalaluddin MSi, Jumat (19/07/2019) dan tenaga kebersihan membersihkan saluran utama ruas jalan Andalas tembus ke meunasah Kota Bireuen.

Saluran utama itu sudah tertutup sampah plastik di antaranya botol air mineral dan jenis lainnya yang sering menyebabkan saluran sumbat dan menimbulkan bau tak sedap.

Baca: Jangan Merokok di Dalam Rumah, Zat Racun yang Menempel di Perabotan Bisa Membunuh Penghuni Lainya

Camat Kota Juang, Jalaluddin didampingi Keuchik Bandar Bireuen, Adnan kepada Serambinews.com mengatakan, tumpukan sampah di saluran terjadi sejak beberapa bulan terakhir dan aliran air tidak lancar karena sudah tertutup sampah, umumnya botol air mineral.

Saluran yang lebarnya 1,5 meter lebih dibersihkan menggunakan cangkul, skrop dan mendatangkan satu mobil yang menggunakan kabel slang guna menarik satu tembok dalam saluran.

Baca: Siswi SMPN 1 Lhokseumawe Wakili Aceh ke Lomba Menulis Esai Nasional

Tembok tersebut sudah tiga tahun dalam saluran menyebabkan air saluran tidak lancar. 

Camat mengakui, hampir seluruh saluran buangan di belakang pasar Bireuen mulai dari jalan Ramai, jalan Andalas, Jalan Jati, jalan pengadilan maupun sejumlah saluran sudah lama tertutup sampah.

Pembersihan saluran utama selain mengangkat sampah yang menumpuh, juga mengingatkan semua pihak tidak membuang sampah dalam saluran.

Baca: Live Streaming Perempat Final Indonesia Open 2019 - Jojo, Marcus/Kevin, Fajar/Rian Main Sesaat Lagi

“Hampir seluruh saluran baik besar maupun kecil di belakang pasar Bireuen dipenuhi sampah, terutama sampah plastik botol air mineral,” ujarnya. (*)

 
 

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved