147 Siswa Madrasah di Aceh Barat Ikut Kompetisi Sains

Sebanyak 147 siswa madrasah di Aceh Barat ikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten tahun 2019 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Aceh..

147 Siswa Madrasah di Aceh Barat Ikut Kompetisi Sains
For Serambinews.com
Kakankemenag Aceh Barat, Khairul Azhar menyaksikan siswa madrasah ikut kompetisi sains di MAN 1 Aceh Barat, Sabtu (20/7/2019). 

147 Siswa Madrasah di Aceh Barat Ikut Kompetisi Sains

Laporan Rizwan/Meulaboh

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Sebanyak 147 siswa madrasah di Aceh Barat ikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten tahun 2019 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Aceh Barat, Sabtu (20/7/2019).

Kompetisi diselenggarakan Kemenag dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H Khairul Azhar SAg.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Suhadi SAg menyebutkan, 147 siswa madrasah peserta terdiri dari 41 orang tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), 61 orang tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 44 orang tingkat Madrasah Aliyah (MA).

Suhadi menjelaskan, adapun mata pelajaran yang dikompetisikan yaitu, MI terdiri dari bidang Matematika dan Sains Ilmu Pengetahuan Alam dan MTs yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial serta MA terdiri dari Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H Khairul Azhar SAg mengungkapkan, kompetisi sains madrasah merupakan even dilaksanakan secara serentak di setiap kabupaten/kota seluruh Indonesia dan setiap peserta saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik di tingkat kabupaten, provinsi maupun di tingkat nasional.

Baca: 542 Siswa Berbagai Jenjang Ikut KSM Kankemenag Bireuen, Ini Bidang Studi Lomba

Baca: 397 Gampong di Aceh Timur dengan status “Desa Berkembang”

Baca: Warga Krueng Panjoe Kutablang Bireuen Larut Dalam Zikir, Dalam Rangka Menyambut Hari Raya Haji

“Utusan dari masing-masing perwakilan bukan ditunjuk, namun telah melewati seleksi dan pembinaan sebelumnya, sehingga siap bertempur untuk meraih yang terbaik,” ujarnya.

Khairul meminta kepada seluruh peserta kompetisi agar tidak terburu-buru dalam mengisi soal dan tidak asal atau tidak menjawab soal, akan tetapi berpikir dengan baik dan menjawab soal dengan standar yang baik.

Kepada peserta, kata Khairul, harus mempunyai target dalam berkompetisi untuk meraih nilai yang terbaik dan bisa berkompetisi di tingkat provinsi, setelah provinsi juga harus mempunyai target untuk berkompetisi di tingkat nasional.(*)

Penulis: Rizwan
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved