Luar Negeri

Drone Iran Rekam 6 Kapal Perang AS di Selat Hormuz, Rilis Gambar Untuk Bantah Donald Trump

Drone Iran Rekam 6 Kapal Perang AS di Selat Hormuz, Rilis Gambar Untuk Bantah Donald Trump

Drone Iran Rekam 6 Kapal Perang AS di Selat Hormuz, Rilis Gambar Untuk Bantah Donald Trump
(AFP/Irans Islamic Revolutionary Guard Corps)
Kombinasi dari gambar yang dirilis oleh Garda Revolusi Iran pada 19 Juli 2019 dari drone memperlihatkan kapal perang Amerika Serikat antara lain kapal perusak USS Boxer. Gambar itu merupakan bantahan setelah Presiden AS Donald Trump mengklaim Boxer menghancurkan drone Iran di Selat Hormuz. 

Drone Iran Rekam 6 Kapal Perang AS di Selat Hormuz, Rilis Gambar Untuk Bantah Donald Trump

SERAMBINEWS.COM - Iran merilis gambar dari drone sebagai bantahan setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengklaim kapal perang menghancurkannya di Selat Hormuz.

Ada 6 kapal perang AS yang direkam oleh pesawat nirawak milik Iran.

Pada Kamis (18/7/2019), Trump menyebut kapal perusak USS Boxer terpaksa mengambil "langkah defensif" setelah drone Iran berulang kali mengabaikan peringatan mereka.

Baca: Ini 6 Kapal Perang Terbesar di Dunia, Ada yang Dijuluki Pangkalan Terapung

Baca: Seorang Pria Panjat Mesin Pesawat Saat Hendak Lepas Landas, Penumpang Panik dan Minta Turun

"USS Boxer melakukan tindakan pertahanan terhadap drone itu setelah tidak mengindahkan peringatan kami, dan mendekat hingga jarak 1.000 yards (914 meter)," ulas Trump.

Namun dilansir Sky News Jumat (19/7/2019), televisi Iran menayangkan video yang disebut diambil dari drone dan memperlihatkan USS Boxer maupun kapal perang AS lainnya.

Rilis itu terjadi setelah pasukan Garda Revolusi Iran menyatakan telah menahan dua kapal tanker Inggris karena disebut "melanggar peraturan maritim internasional".

Berdasarkan keterangan Garda Revolusi, pesawat nirawak itu merekam selama tiga jam USS Boxer dan lima kapal perang lainnya, dimulai ketika mereka melintasi Selat Hormuz.

Baca: Dua Kapal Perang Rusia Sudah Dipasang Senjata yang Bisa Bikin Lawan Halusinasi dan Muntah

Pada akhir Juni, Teheran mengklaim menenggelamkan pesawat nirawak AS di perairan sama, di mana Trump sempat memerintahkan adanya serangan udara sebagai balasan.

Militer Iran kemudian menjelaskan seluruh drone mereka sudah kembali dengan selamat ke pangkalan mereka dan membantah telah dihancurkan oleh AS.

Halaman
12
Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved