KIP Aceh Jaya Tetapkan Pemenang Pemilu di Aceh Jaya

KIP Aceh Jaya menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRK setempat.

KIP Aceh Jaya Tetapkan Pemenang Pemilu di Aceh Jaya
SERAMBINEWS.COM/RISKI BINTANG
Rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRK Aceh Jaya. 

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Jaya menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRK kabupaten setempat hasil Pemilu 17 April 2019 pada Senin (22/7/2019).

Rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRK tersebut juga dilaksanakan di aula Sekdakab lantai III kantor Bupati Aceh Jaya dikawasan Desa Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee. 

Komisioner KIP Aceh Jaya divisi Teknis, Hendri Kusnadi disela kegiatan mengatakan jika pelaksanaan baru bisa dilaksanakan pada hari ini disebabkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) baru diterima pihaknya pada 18 Juli 2019 lalu.

Pada Rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRK kabupaten setempat.

Baca: Mahkamah Konstitusi tak Lanjutkan Gugatan Partai Aceh Dapil 4

Baca: KIP Aceh Selatan Tetapkan Calon Anggota DPRK Terpilih Pada Pemilu Serentak

Baca: KIP Aceh Tetapkan 20 Calon Anggota DPRK Simeulue

Pihaknya juga menetapkan Partai Aceh menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak di Aceh Jaya yaitu sebanyak 7 kursi disusul PNA 3 kursi bersama dengan Golkar 3 kursi.

“Demokrat 2 kursi, PDA 2 kursi, PAN, Gerindra, dan PPP masing masing meperoleh satu kursi dengan jumlah total kursi DPRK Aceh Jaya mencapai 20 kursi,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan, jika pelaksanaan Rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRK kabupaten di Aceh Jaya yang berlangsung pada hari ini berjalan dengan lancar dan aman.

“Inikan hari terakhir batas penetapan caleg terpilih untuk seluruh kabupaten/kota yang tidak memiliki gugatan di MK,” katanya.

Sementara itu, Ketua KIP Aceh Jaya Iswar, kepada awak media mengatakan jika dari total 13 partai yang berpartisipasi sebagai peserta pada pemilu tahun ini di Aceh Jaya tahun ini.

Ada tiga partai baru pada tahun ini yang mendapatkan posisi di parlemen.

“Di Aceh Jaya ada 13 partai yang mengikuti pemilu kali ini, untuk tahun ini masih juga didominasi oleh partai lama, dan ada tiga partai lama namun baru mendapatkan tempat di DPRK Aceh Jaya seperti, Gerindar, PNA dan PDA,” tutupnya. (*)

Penulis: Riski Bintang
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved