Perajin Kasab Benang Emas di Gampong Air Sialang Hilir Butuh Dukungan Pemerintah

Para perajin kasab sulam benang emas di Gampong Air Sialang Hilir, Kecamatan Samadua, Aceh Selatan ini sangat membutuhkan dukungan pemerintah.

Perajin Kasab Benang Emas di Gampong Air Sialang Hilir Butuh Dukungan Pemerintah
SERAMBINEWS.COM/TAUFIK ZASS
Perajin kasab sulam benang emas di Gampong Air Sialang Hilir, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan, Senin (22/7/2019). 

Laporan  Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Para perajin kasab sulam benang emas di Gampong Air Sialang Hilir, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan ini sangat membutuhkan dukungan pemerintah dalam mengembangkan usahanya.

Usaha yang sudah lama ditekuni mereka itu hanya bisa jalan ditempat karena keterbatasan promosi.

Mereka berharap Pemerintah Aceh Selatan memperhatikan para perajin sulaman benang emas ini agar kerajinan mereka diketahui di tingkat provinsi.

"Kerajinan sulaman atau disebut kasab ini bisa juga untuk pelaminan, tas, sarung bantal, kupiah, payung linto baro dan bermacam gambar lainnya," ujar Eva, salah seorang perajin kasab sulam benang emas di Gampong Air Sialang Hilir kepada Serambinews.com, Senin (22/7/2019).

Baca: Perajin Kasab di Lampunteut Wakili Pidie untuk Dinilai Tim Dekranas Aceh

Baca: Bank Aceh dan PLUT KUMKM Aceh Besar Latih Perajin Keumamah Buat Nugget

Baca: Perajin Minyak Kelapa di Aceh Dilatih Bikin Sabun Mandi dan Body Lotion

Sebagaimana diketahui, Gampong Air Sialang Hilir sudah menjadi sentral kerajinan kasab sulam benang emas di Kabupaten Aceh Selatan.

Gampong ini sudah memproduksi kasab sejak lama, bahkan sudah menjadi bagian dari usaha kerajinan rumah tangga (home Industri) warga setempat.

Di Gampong Air Sialang Hilir ini hampir setiap rumah ada yang memproduksi kasab.

Bisanya kasab-kasab ini dibuat oleh kaum perempuan secara berkelompok untuk menghasilkan pelaminan kasab yang siap pakai. (*)

Penulis: Taufik Zass
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved