Tiga Kabupaten Banjir

Hujan deras mengguyur sebagian wilayah Aceh sejak Sabtu (20/7) petang hingga Minggu (21/7) pagi sehingga tiga kabupaten

Tiga Kabupaten Banjir
SERAMBI/SARI MULIYASNO
WAKIL Bupati Simeulue, memantau pemukiman warga yang terendam banjir setelah hujan deras mengguyur kabupaten itu, Minggu (21/7).SERAMBI/SARI MULIYASNO 

* Simeulue Paling Parah

SIMEULUE - Hujan deras mengguyur sebagian wilayah Aceh sejak Sabtu (20/7) petang hingga Minggu (21/7) pagi sehingga tiga kabupaten, yakni Simeulue, Aceh Jaya, dan Pidie Jaya dilanda banjir. Dampak banjir paling dirasakan di Simeulue karena di pulau itu tinggi air di permukiman penduduk mencapai 80 cm hingga 100 cm.

Banjir di Simeulue dipicu oleh hujan deras Minggu (21/7) pagi. Akibatnya, ratusan rumah penduduk terendam air, termasuk fasilitas publik.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue, Ir Ali Hasmi, menyebutkan, banjir kali ini melanda tiga kecamatan. Di Kecamatan Simeulue Timur, desa yang terdampak banjir adalah Desa Air Dingin, Suak Buluh, Suka Karya, Suka Maju, Sinabang, Lugu, Linggi, Sefoyan, Ganting, dan Desa Kuala Makmur. Di wilayah ini ratusan rumah terendam banjir.

Di Kecamatan Teupah Tengah, banjir merendam puluhan rumah warga dan fasilitas umum di Desa Abail dan Nancawa.

Di Kecamatan Teupah Barat, desa yang terdampak banjir hanya satu, yakni Leubang Hulu. Ratusan rumah warga di desa itu terendam banjir.

Di Kecamatan Teluk Dalam, puluhan rumah penduduk yang tersebar di Desa Kuala Baru, Luan Balu, dan Desa Kuala Bakti terendam banjir.

Sedangkan di Kecamatan Simeulue Barat, Simeulue Tengah, Simeulue Cut, Teupah Selatan, Salang, dan Kecamatan Alafan sampai tadi malam belum ada laporan desa yang terendam banjir meski hujan juga mengguyur kawasan itu sejak pukul 05.00 WIB. “Tidak ada korban jiwa,” kata Ali Hasmi yang turut memantau situasi banjir bersama Wakil Bupati Simeulue.

Menurut Ali Hasmi, data jumlah kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir sedang dalam pendataan.

Selain itu di beberapa titik terjadi longsor yang berdampak pada rusaknya rumah penduduk, seperti terjadi di Desa Air Dingin dan Desa Suka Karya, Kecamatan Simeulue Timur.

Halaman
123
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved