Bank Aceh Latih Pelaku Usaha Keripik

Sebanyak 20 pelaku usaha pembuatan keripik dari Gampong Jantho Baru, Kecamatan Kota Jantho, Aceh Besar

Bank Aceh Latih Pelaku Usaha Keripik
IST
PEMIMPIN Bank Aceh Syariah Cabang Jantho, Hermanto, didampingi Kepala PLUT KUMKM Aceh Besar, Zahri SH, menyerahkan bingkisan kepada pelaku usaha pembuatan keripik dari Gampong Jantho Baru, Aceh Besar, di aula Serbaguna Gampong Jantho Baru, Senin (22/7). 

BANDA ACEH - Sebanyak 20 pelaku usaha pembuatan keripik dari Gampong Jantho Baru, Kecamatan Kota Jantho, Aceh Besar, mengikuti pelatihan manajemen usaha dan pengembangan produk keripik. Pelatihan diadakan Bank Aceh Syariah Cabang Jantho bekerja sama Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Aceh Besar ini berlangsung di aula Serbaguna Gampong Jantho Baru, 22-24 Juli 2019.

Pemimpin Bank Aceh Syariah Cabang Jantho, Hermanto, dalam saat membuka acara ini kemarin, mengatakan Bank Aceh Syariah siap mendukung setiap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), termasuk untuk pelaku usaha pembuatan keripik itu, misalnya memudahkan dalam proses pembiayaan modal usaha.

Menjawab pertanyaan peserta tentang kurangnya tempat untuk memasarkan produk usaha, Hermanto berjanji akan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan Perdagangan Aceh Besar guna memperbaiki dan menambah tempat penjualan produk di Kota Jantho.

Sedangkan Kepala PLUT KUMKM Aceh Besar, Zahri SH, dalam sambutannya mengharapkan para pelaku usaha pembuatan keripik tersebut terus berinovasi dan kreatif terhadap produknya tersebut. “Selain itu, setelah pelatihan ini para peserta juga sudah mampu merencanakan usaha dan menyiapkan laporan keuangan, termasuk membuat harga pokok penjualan (HPP), sehingga analisa dan perkembangan usaha bisa berjalan seperti direncanakan,” kata Zahri dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Sedangkan pihak PLUT KUMKM Aceh Besar, kata Zahri, berjanji setelah pelatihan ini juga akan terus mendampingi kegiatan usaha tersebut, seperti pengurusan legalitas usaha (izin), kemasan, promosi, pemasaran, dan penyusunan laporan keuangan. Adapun narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan ini antara lain pakar kuliner dari Unsyiah. Ia melatih mengenai varian rasa dan kualitas dari produk olahan keripik serta tempe.

Turut hadir dalam pembukaan acara ini kemarin, antara lain Konsultan dari PLUT KUMKM Aceh Besar, Amri Abdullah dan Nurul Fatmawati. Sedangkan dari Bank Aceh Cabang Syariah Jantho juga hadir Kasie Kredit, Ian Fahmi.(sal/rel)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved