Citizen Reporter

Mengenalkan Perguruan Tinggi kepada Siswa SMA

REPORTASE kali ini saya tulis untuk berbagi pengalaman menarik dan rasanya perlu diinformasikan kepada putra-putri

Mengenalkan Perguruan Tinggi kepada Siswa SMA
IST
KHAIRIL RAZALI, Dosen Program Studi Bahasa Inggris UIN Ar-Raniry, Penerima Beasiswa MORA 5000 Doktor, melaporkan dari Newcastle, Australia

OLEH KHAIRIL RAZALI, Dosen Program Studi Bahasa Inggris UIN Ar-Raniry, Penerima Beasiswa MORA 5000 Doktor, melaporkan dari Newcastle, Australia

REPORTASE kali ini saya tulis untuk berbagi pengalaman menarik dan rasanya perlu diinformasikan kepada putra-putri Aceh, terutama mereka yang akan segera mengakhiri atau beranjak ke tahun terakhir di sekolah menengah atas. Hari memperkenalkan perguruan tinggi atau dikenal dengan istilah University Orientation Day yang setiap tahun dilaksanakan di Universitas Newcastle, Australia, rasanya perlu diperkenalkan kepada siswa-siswi sekolah menengah atas (SMA).

Awalnya ketika tiba di kampus, saya merasa sedikit penasaran ketika suasana di kampus tidak seperti biasanya. Pada hari itu ratusan atau mungkin ribuan siswa-siswi usia sekolah menengah datang silih berganti dengan bus-bus yang mengantar mereka. Saya berusaha mencari tahu dan coba bertanya apa tujuan siswa-siswi SMA itu datang ke kampus. Demokah atau sekadar tamasya? Ternyata, mereka datang ke kampus untuk menghadiri Hari Pengenalan Kampus. Mereka berasal dari berbagai SMA di seputaran Universitas Newcastle.

Dalam acara ini, mereka diberi kesempatan menjelajah segala sisi universitas dan akan bertemu dengan berbagai pihak yang akan memperkenalkan daya tarik masing-masing fakultas kepada mereka. Pada hari itu organisasi mahasiswa, program studi, dan pihak fakultas hadir menyambut para “tamu masa depan” yang akan mencari tahu tentang fakultas tersebut.

Para siswa yang didampingi oleh guru-guru mereka diberi waktu bebas dan dibiarkan mencari tahu lokasi, keramaian, dan pertemuan yang ada di kampus sesuai keinginan mereka. Menjelajah kampus dengan berjalan kaki dan mencari tahu setiap sisi kampus, mengadiri/mendengar setiap presentasi dari pihak kampus dan pihak terkait lainnya tentang kampus itu sendiri atau program studi, menjadi bagian yang seharian mereka lakukan selama berada di Kampus Newcastle ini.

Hari orientasi ini dimulai sejak pagi hari dan berakhir sore hari. Univeritas menyambut mereka sangat antusias dengan menyelenggarakan segala sajian untuk memberi kesan terbaik kepada siswa-siswi yang akan menentukan pilihan mereka setelah tamat sekolah menengah atas.

Dalam bincang-bincang saya dengan salah satu orang tua di sudut kampus tergambarkan bahwa betapa orang tua sangat antusias dengan program ini karena anak-anak mereka dapat mengenal langsung kampus dan jurusan yang akan mereka pilih nantinya setamat SMA.

Cakupan topik perkenalan yang sekilas saya serap dengan cara bertanya-tanya kepada beberapa siswa-siswi yang menjadi tamu Universitas Newcastle adalah pencerahan tentang program studi dan keunggulan-keunggulannya. Kepada mereka juga diperkenalkan prestasi-prestasi universitas selama ini dalam bidang tertentu sebagai salah satu daya tarik penting dalam menggaet mahasiswa mendatang.

Yang juga sangat penting adalah siswa-siswi mendapat kesempatan untuk mendengarkan perkenalan tentang proses registrasi, administrasi, dan cara memilih program studi yang mereka minati.

Bagi siswa-siswi kunjungan ini sangat penting karena mereka dapat mengenal langsung segala hal-hal penting terkait kampus tersebut. Juga bisa bertemu dan berdialog dengan elite kampus. Ini masukan dan bahan pertimbangan terbaik bagi mereka walau nantinya mereka akan mempertimbangkan kembali dengan sangat matang tentang prodi atau jurusan apa yang mereka pilih setamat SMA. Salah satu siswa yang saya tanyai berucap, “Saya ingin mengenal kampus ini dan saya belum pernah ke sini sebelumnya. Jadi, saya ingin sekali ikut Program Hari Orientasi yang diselenggarakan oleh Kampus Newcastle.” Ya, begitulah adanya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved