Telepon Haji Uma, Teungku Dayah Curhat Soal Dana Hibah Dayah yang Tersendat dalam Rp 2 Triliun

Tersendatnya dana Rp 2 triliun hingga tak bisa dicairkan dalam tahun ini ternyata berdampak bagi masyarakat Aceh.

Telepon Haji Uma, Teungku Dayah Curhat Soal Dana Hibah Dayah yang Tersendat dalam Rp 2 Triliun
SERAMBINEWS.COM/JAFARUDDIN
Anggota DPD RI, Sudirman alias Haji Uma 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Tersendatnya dana Rp 2 triliun hingga tak bisa dicairkan dalam tahun ini ternyata berdampak bagi masyarakat Aceh.

Bagaimana tidak, dalam kucuran anggaran sebesar itu, terdapat sejumlah aspirasi masyarakat Aceh, salah satunya adalah aspirasi para teungku dayah di Aceh.

Konon, dalam dana Rp 2 triliun yang disebut-sebut didominasi pokok pikiran (pokir) atau aspirasi anggota DPRA, terdapat Rp 400 miliar yang peruntukannya untuk pembangunan atau pengembangan lembaga dayah/pondok pesantren di Aceh.

Dana Rp 400 miliar itu juga pokir anggota DPRA yang diusulkan melalui Dinas Badan Dayah Aceh.

Buntut dari itu, beberapa teungku dayah di Aceh ternyata mengeluh dan curhat kepada orang- orang yang dianggap pantas.

Karena sejumlah dayah yang sudah diusulkan mendapat bantuan anggaran melalui pokir DPRA tersebut hingga kini belum menerima sepeser pun lantaran usulan itu disebut-sebut belum ditandatangani oleh Plt Gubernur Aceh.

Senin (22/7/2019), beberapa teungku dayah dari Aceh Utara dan Lhokseumawe datang ke Banda Aceh, mereka ingin berjumpa dengan elite guna menyampaikan keluhan tersebut.

Hingga akhirnya, salah satu teungku, yakni Tgk Ridwan A SH, pimpinan Dayah Baburrahmah dari Jalan Len Pipa Gampong Paloh Punti Kota Lhokseumawe menelepon Anggota DPD RI dari Aceh, H Sudirman alias Haji Uma.

Tgk Ridwan curhat terkait mandeknya dana tersebut kepada Haji Uma melalui sambungan telepon. Saat ditelepon, Haji Uma sedang di Jakarta, sedangkan Tgk Ridwan mengaku di Banda Aceh.

Halaman
12
Penulis: Subur Dani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved