Ini Dua Kecamatan Lokasi Penanaman Tembakau di Pijay

Komoditi ini ditanami selepas panen padi musim rendeng (pade thon). Dibandingkan sekitar 1990-an, belakangan tanaman komoditi ini cenderung menurun.

Ini Dua Kecamatan Lokasi Penanaman Tembakau di Pijay
SERAMBINEWS.COM/FIKAR W EDA
Tembakau hijau atau bakong ijo dari Gayo kini mulai memperoleh pasar di dalam dan luar daerah, Rabu (17/1/2018) 

Ini Dua Kecamatan Lokasi Penanaman Tembakau di Pidie Jaya

Laporan Abdullah Gani/Pidie Jaya

SERAMBINEWS,COM.MEUREUDU - Selain tanaman pangan dan hortikultura (padi, kedelai dan jagung), setiap tahun Pidie Jaya (Pijay), juga mengembangkan komoditi perkebunan, yaitu kakao atau cokelat serta tembakau.

Kakao boleh dikatakan merata di semua kecamatan dan yang terluas Bandarbaru, Trienggadeng serta Bandardua. Sementara tembakau hanya dibudidayakan di dua kecamatan, yakni Bandardua serta Bandarbaru.

Baca: Pertemuan Prabowo & Megawati, Pengamat Politik:Levelnya Sudah Sangat Krusial Bisa Jadi Sharing Power

Komoditi ini ditanami selepas panen padi musim rendeng (pade thon). Dibandingkan sekitar tahun 1990-an, belakangan luas tanam komoditi ini cenderung semakin menurun.

Teupin Raya, Kecamatan Glumpang Tiga yang dulunya terhampar luas tembakau, seperti Gampong Blang Drang dan sekitarnya, tapi sekarang ini nyaris tak ditemukan lagi.

Baca: Ditemukan oleh Seekor Kucing, Bayi Perempuan yang Dibuang Hidup-hidup Berhasil Diselamatkan

Kalau pun ada luas tanamnya kian mengecil. Beberapa petani disana menjawab Serambinews,com membenarkan tanaman tembakau selama ini kurang digandrungi lagi. Hal itu terkait dengan lemahnya daya beli.

Dulu, kata seorang warga, para orangtua terutama nyak-nyak sangat menyukai tembakau  alias bakong asoue. Mereka mengonsumsi bersama sirih. Biasanya dikonsumsi seusai makan, terutama setelah sarapan. 

Malah orangtua terdahulu, rasanya belum sempurna tanpa menyertai bakong di bibirnya walau hanya sedikit, tembakau atau bakong itu mereka beli di pasar. 

Baca: Link Live Streaming Liga 2 di TV One, Madura FC vs PSIM Yogyakarta, Tanding Pukul 15.15 WIB

Kadis Perkebunan dan Peternakan Pidie Jaya, Burhanuddin SP, yang dikonfirmasi Serambinews,com, mengatakan lokasi penanaman tembakau di Bandarbaru antara lain, Puep Lueng Nibong, Beurandeh, Daboh, Baroh Nyong, serta Dayah Nyong.

Selain di sawah, tembakau juga diusahakan petani di kebun-kebun serta di perbukitan atau gle.

Sedangkan di Kecamatan Bandardua, lokasi penanaman tembakau setiap tahun  yaitu, kawasan Gampong Meurandeh Alue hingga berbatasan dengan Batee Iliek Kecamatan Samalanga-Bireuen serta di Gampong Asan Kumbang.

Baca: Usai Nunung dan Jefri Nichol, Ini Bocoran Identitas Artis Wanita yang Juga Diciduk Karena Narkoba

Burhanuddin menambahkan pada 2018, luas penanaman tembakau di Pijay sekitar 140 hektare dengan produksi 217.120 kg dengan harga jual rata-rata Rp 210.000 per-kilogram.

Kala itu, sejumlah petani Kabupaten Temanggung-Jawa Tengah menyempatkan berkunjung ke Pijay untuk melihat tanaman tersebut. (*)     

Penulis: Abdullah Gani
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved