Sensasi Olahraga di Tengah Kepulauan

Seberkas cahaya matahari pagi menyambut kehadiran para peserta fun walk Pulau Banyak Internasional Festival

Sensasi Olahraga di Tengah Kepulauan
SERAMBI/DEDE ROSADI
BUPATI Aceh Singkil, Dulmusrid, didampingi istri dan pejabat lainnya melepas peserta Fun Walk Pulau Banyak Internasional Festival, di kawasan Pelabuhan Syahbandar, Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil, Selasa (23/7). 

* Fun Walk ala Festival Pulau Banyak

SINGKIL - Seberkas cahaya matahari pagi menyambut kehadiran para peserta fun walk Pulau Banyak Internasional Festival. Mereka bergegas berkumpul di kawasan Pelabuhan Syahbandar di Pulau Balai, ibu kota Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (23/7) pagi.

Kelompok pertama yang hadir adalah kaum remaja dengan pakaian khas anak milenial. Disusul rombongan orang tua yang tak kalah antusias mengikuti gelaran fun walk (jalan santai) hasil kerja sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil dengan Harian Serambi Indonesia.

Jarum jam masih menunjukkan pukul 07.00 WIB saat peserta berdatangan, baik peserta yang tinggal di tengah pulau yang dikelilingi Samudera Hindia itu, maupun wisatawan yang berkunjung dari berbagai daerah di Nusantara. Begitu massa berkumpul kehebohan khas anak baru gede pun pecah. Mereka berebutan untuk swafoto di balon start jalan santai. Ada juga yang meminta kawannya mengambil foto dengan latar belakang gugusan pulau-pulau berukuran mini di hiasan hamparan air laut biru tosca. “Ayo kawan-kawan kita foto dulu,” teriak anak remaja usia 17 tahunan.

Keriuhan sedikit mereda ketika Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid bersama istri, Sekda Drs Azmi bersama istri, Dandim 0109/Singkil Letkol Syaifudin, Kapolres AKBP Andrianto Argamuda, Pemimpin Bank Aceh Cabang Aceh Singkil, Indra Gunawan, serta pejabat lainnya bersama istri tiba di lokasi. Peserta langsung berbaris lurus mulai dari ujung garis start hingga mengular ke ujung Pelabuhan Syahbandar di sebelah barat Pulau Balai.

Saat bupati mengangkat bendera start tepat pukul 08.00 WIB, sensasi berolahraga di tengah kepulauan ini pun segera terasa. Peserta bergerak serempak, melangkah dengan ritme khas jalan santai sambil menikmati hamparan air laut dan sembulan pulau-pulau kecil di samudra mahaluas.

Anugerah alam itu tentu saja tidak disia-siakan peserta fun walk, sambil berjalan jepretan kamera pintar mengabadikan setiap momen terindah. “Kami baru kali ini ikut jalan santai di pulau, biasanya di darat,” kata Ismail, peserta fun walk yang mengaku datang dari Sumatera Utara.

Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid saat menyampaikan sambutan mengucapkan terima kasih kepada Harian Serambi Indonesia yang telah bersedia menyelenggarakan fun walk di Pulau Banyak. “Kami sampaikan terima kasih serta apresiasi kepada Harian Serambi Indonesia,” kata Dulmusrid.

Menurut bupati, jalan santai dalam rangkaian memeriahkan Pulau Banyak Internasioanl Festival itu merupakan bagian dari upaya memperkenalkan destinasi wisata gugusan Kepulauan Banyak kepada khalayak yang lebih luas lagi. Dengan harapan, jumlah kunjungan wisatawan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. “Kegiatan ini bagian dari promosi pariwisata yang dimiliki daerah kami,” ujarnya.

Setelah finish peserta jalan santai langsung disuguhi hiburan dan minuman yang disediakan panitia. Saat keringat masih menetes, teriakan peserta langsung membahana tatkala pemandu acara memulai pembagian doorprize. Petugas pun dibuat sibuk mengatur agar peserta dari kalangan anak-anak tidak merangsek ke dekat panggung.

Setelah nomor undian dicabut, hadiah utama sepeda motor menjadi hak Dey Yumantri, penduduk Desa Ujung, Kecamatan Singkil yang sengaja datang mengikuti fun walk setelah menyeberangi lautan selama empat jam. “Sangat senang, tidak menyangka dapat kereta (sepeda motor),” kata Dey sumringah.

Sementara itu, di sela-sela pembagian doorprize Ketua Tim Pengegrak PKK Aceh Singkil, Ny Atmah Dulmusrid, kebanjiran ucapan selamat ulang tahun. Ternyata istri Bupati Dulmursid itu berulang tahun kemarin. Peserta jalan santai langsung memanjatkan doa secara bergantian kepadanya, setelah Serambi dari atas panggung mengawali ucapan selamat ulang tahun kepadanya. Sebelum bubar, kejutan pun datang dari masyarakat, teman serta para pejabat yang hadir memberikan hadiah kepada Ny Dulmusrid. (de)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved