Kemah Budaya

Peserta Kemah Budaya Kaum Muda 2020 akan Dilipatgandakan Menjadi 1.000 Orang

Peserta Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) tahun depan akan dilipatkangandakan menjadi 800 sampai 1.000 peserta. Tahun ini KBKM diikuti 554 peserta.

Peserta Kemah Budaya Kaum Muda 2020 akan Dilipatgandakan Menjadi 1.000 Orang
For Serambinews.com
Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid pada penutupan KBKM di Prambanan, Rabu (24/7/2019) malam. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS, COM, JAKARTA -- Peserta Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) tahun depan akan dilipatkangandakan menjadi 800 sampai 1.000 peserta. Tahun ini KBKM diikuti 554 peserta.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid mengistilahkan, KBKM sebagai bibit pengertian dan perekat sesama anak bangsa dan kebudayaan sebagai pupuknya.

Hal itu disampaikan Hilmar Farid pada penutupan KBKM di kawasan candi Prambanan, Jawa Tengah, Rabu (24/7/2019) malam.

"KBKM 2019 ini memberikan hasil seperti yang diharapkan. Kebahagiaan yang menurut saya lebih dari juara adalah pertemuan-pertemuan antar pemuda-pemudi," ujar Hilmar Farid.

Ia menyebut KBKM merupakan energi yang dapat menjadi penggerak bagi orang-orang muda.

"Karena itu gunakan sebaik mungkin kesempatan untuk bertemu seperti ini. Negara ini begitu luas. Tidak ada cara lain untuk bisa tumbuh sebagai satu kesatuan adalah dengan saling mengerti. Besar harapan saya KBKM menjadi bibit untuk saling mengerti. Apa pupuknya? Yakni kebudayaan," ujarnya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, Sri Hartini melaporkan, peserta KBKM tahun ini 554 orang dari 28 provinsi di Indonesia, termasuk dari Provinsi Aceh.

Baca: Dikukuhkan Mualem, Kwarcab Aceh Tamiang Dipastikan Tuan Rumah Kemah Budaya 2020

Baca: Wabup Buka Kemah Budaya

"Tahun depan KBKM akan ditambahkan kuota hingga 800 sampai 1.000 peserta, tentunya setelah melakukan evaluasi dan monitoring dari pelaksanaan KBKM, khususnya dalam pemajuan kebudayaan di daerahnya masing-masing," ujarnya.

Selama penyelenggaraan KBKM diisi dengan aneka kegiatan dan lomba. Terdapat 12 kelompok pemenang yang nanti akan dikutkan dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN).

Terdapat empat kelompok besar dalam KBKM 2019 yang mewakili ide besar yang diharapkan sebagai solusi atas tantangan dalam pemajuan kebudayaan, yakni: Purwarupa Aplikasi (46 kelompok), Purwarupa Fisik (31 kelompok), Aktivasi Kajian (25 kelompok), dan Aktivasi Kegiatan (31 kelompok).

Penyelenggaraan KBKM) dimulai dengan kegiatan Kelas Paralel yang terbagi menjadi 35 kelas.

Setiap Kelas Paralel didampingi seorang fasilitator. Selama mengikuti sesi ini para peserta mendapatkan masukan dan pengembangan dalam mempresentasikan ide mereka
kepada khalayak.

Para peserta dituntun oleh para fasilitator untuk menyampaikan ide dengan
cara yang berbeda dengan peserta lainnya. (*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved