Tafakur

Mendorong Kreativitas

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia perlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan

Mendorong Kreativitas
IST
Jarjani Usman

Oleh: Jarjani Usman

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia perlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia turunkan hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya.” (QS. Ar-Rum: 24)

Menjadi insan kreatif sangat diharapkan oleh Allah, sebagaimana disebutkan dalam Alquran. Dengan kreatif, kita bersemangat untuk meneliti banyak hal di alam ini, sehingga bisa diolah untuk berbagai kepentingan umat manusia. Tak sedikit hasil kreativitas segelintir orang bermanfaat bagi miliaran orang di berbagai belahan dunia. Makanya, orang-orang kreatif harus didukung sekuat-kuatnya, bukan malah dihambat.

Menghambat kreativitas sama artinya menghambat perubahan ke arah yang lebih baik. Padahal, tidak sedikit permasalahan dalam hidup ini yang menuntut adanya pikiran dan tangan-tangan kreatif. Seperti adanya kemiskinan dalam masyarakat. Lagi pula Allah telah memberi tahu kita melalui Alquran bahwa Allah tidak akan mengubah nasib sesuatu kaum, bila kaum tersebut tidak mau berusaha untuk mengubah nasibnya sendiri. (QS. Ar-Ra’d: 11)

Ini suatu petunjuk bahwa kita diharapkan untuk terus dan serius belajar dan kreatif meneliti keadaan diri dan alam sekitar yang selanjutnya dijadikan sebagai bahan untuk merancang dan melaksanakan perubahan yang berkelanjutan. Proses ini juga dihargai oleh Allah sebagai kebaikan yang besar pahalanya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved