Korupsi

Aktivis Anti Korupsi Jadi Tersangka Gara-gara Postingan di Facebook

Khairul Amri Sinulingga ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pencemaran nama baik, karena memposting dugaan kasus korupsi di Facebook.

Aktivis Anti Korupsi Jadi Tersangka Gara-gara Postingan di Facebook
For Serambinews.com
Khairul Amri Sinulingga yang juga pegiat LSM Gerakan Peduli Lingkungan dan Anti Korupsi (GPLAK) Aceh Tenggara, ditetapkan penyidik Polres Aceh Tenggara sebagai tersangka pencemaran nama baik dalam UU ITE. 

Aktivis Anti Korupsi Jadi Tersangka Gara-gara Postingan di Facebook

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Tenggara 

SERAMBINEWS.COM, KUTACANE- Khairul Amri Sinulingga yang juga pegiat LSM Gerakan Peduli Lingkungan dan Anti Korupsi (GPLAK) Aceh Tenggara, dijerat UU ITE dan ditetapkan penyidik Polres Aceh Tenggara sebagai tersangka pencemaran nama baik.

Khairul Amri Sinulingga, kepada Serambinews.com, Sabtu (27/7/2019) mengatakan, dirinya ditetapkan sebagai tersangka pencemaran nama baik atau penghinaan karena dirinya memposting kasus dugaan korupsi APBD Aceh Tenggara 2004-2006.

Kasus itu berawal ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tetapi KPK hanya melakukan penyidikan dan penuntutan kepada Bupati Armen Desky.

Dalam putusan No.19/Pid.B/TPK/2009/PN.Jkt Pst, Armen Desky dinyatakan terbukti melakukan tindak korupsi APBD 2004-2006 Kabupaten Aceh Tenggara.

Tidak hanya sendiri, dana negara dikorupsi bersama 16 bawahannya.

Atas dasar tersebut, KPK melalui surat Nomor R/133/01-20/04/2012 tanggal 5 April 2012 mengintruksikan kepada penyidik ke Kejati Aceh untuk membuka dan mengusut kembali kasus tersebut.

Kejati Aceh melakukan penyididikan dan penuntutan terhadap Marthin Desky, selaku mantan Sekretaris Daerah Agara dan M Yusuf pada saat itu selaku pemegang Kas Bupati Agara hingga vonis.

Sementara itu Ibnu Hasyim sudah ditetapkan jadi tersangka pada tahun 2014.

Halaman
12
Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved