Breaking News:

Bank Indonesia

Rombongan BI Arungi Pulau Terpencil dan Singgah di Simeulue Pakai Kapal Perang, Ini Tujuannya

Tim Bank Indonesia (BI) yang bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut (AL) mengemban misi khusus dalam penjelajahan pulau-pulau terpencil yang masuk...

Penulis: Sari Muliyasno | Editor: Saifullah
situsbudaya.id
Gedung Bank Indonesia Perwakilan Aceh di di Jalan Cut Meutia Banda Aceh. 

Rombongan BI Arungi Pulau Terpencil dan Singgah di Simeulue Pakai Kapal Perang, Ini Tujuannya

Laporan Sari Muliyasno | Simeulue

SERAMBINEWS.COM, SINABANG - Tim Bank Indonesia (BI) yang bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut (AL) mengemban misi khusus dalam penjelajahan pulau-pulau terpencil yang masuk dalam wilayah terluar, terdepan, dan terpencil (3T) Indonesia.

Dengan menumpang Kapal Perang Indonesia (KRI) Sutedi Senoputra, rombongan BI yang berjumlah 14 orang itu ternyata sengaja menyambangi wilayah 3T ini untuk melayani penukaran uang rusak atau lusuh dari masyarakat.

Salah satu yang menjadi destinasi tim bank sentral ini adalah Pulau Simeulue. Sabtu (27/7), KRI Sutedi Senoputra yang dikomandani putra Aceh, Letkol Laut (P) Zul Fahmi SE MTr Hanla dan berpenumpang tim BI itu merapat di dermaga Pelabuhan Laut Sinabang. Kedatangan mereka disambut Forkopimda Simeulue.

Ketua Rombongan BI, Sophan Syahrul yang dikonfirmasi Serambinews.com, Sabtu (27/7/2019), menerangkan, misi utama timnya adalah melayani penukaran uang rusak dan lusuh milik masyarakat Simeulue.

Namun begitu, beber Sophan, rombongan BI yang berjumlah 14 orang itu juga punya agenda melakukan sosialisasi penggunaan uang rupiah kepada warga, serta menyerahkan bantuan sosial di wilayah 3T tersebut.

"Untuk pelaksanaan kegiatan ini melibatkan tim gabungan dari BI Pusat, Kantor Perwakilan BI Aceh, BI Sumatera Barat, dan Sibolga," ujar Sophan Syahrul yang sehari-hari juga menjabat sebagai Kepala Kasir Kantor Perwakilan BI Aceh.

VIDEO - HUT ke-66 Bank Indonesia, Karyawan Bank di Lhokseumawe Kumpulkan Darah 150 Kantong

Hamil Anak Ketiga, Pasangan Cinta Terlarang Kakak Adik Nyaris Diamuk Warga, Polri/TNI Turun Tangan

DPRK Simeulue Bentuk Pansus Usut Video Mirip Wajah Bupati Erli Bersama Seorang Wanita

 

Ia menyebutkan, selain di Pulau Simeulue, timnya juga akan menyambangi wilayah kepulauan terpencil lainnya, seperti Teluk Dalam (Nias), Pulau Telo, Muara Sikabaluan, Muara Mailepet, Sioban, Sikakap, dan Polaga. "Setelah itu, kami kembali ke Pelabuhan Teluk Bayur, Sumatera Barat," tukasnya.

Pantauan Serambinews.com di lokasi penukaran uang yang dipusatkan di seputaran Simpang Lima Kota Sinabang, puluhan warga tampak sangat antusias menukarkan uang lusuhnya untuk mendapatkan uang baru. Kegiatan itu berjalan lancar dan aman karena turut mendapat pengawalan langsung dari pihak TNI AL.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved