Tidak Ada Petugas yang Melayani, Seorang Pasien Meninggal Dunia di Teras Puskesmas Salang Simeulue

Seorang pasien, Herman (30), asal Desa Jaya Baru, Kecamatan Salang, Kabupaten Simeulue, meninggal dunia di teras Puskesmas Kecamatan Salang...

Tidak Ada Petugas yang Melayani, Seorang Pasien Meninggal Dunia di Teras Puskesmas Salang Simeulue
For Serambinews.com
Herman (30), warga Desa Jaya Baru, Kecamatan Salang, Kabupaten Simeulue meninggal dunia di teras Puskesmas Salang, Minggu (28/7/2019). 

Tidak Ada Petugas yang Melayani, Seorang Pasien Meninggal Di Teras Puskesmas Salang Simeulue

Laporan Sari Muliyasno I Simeulue

SERAMBINEWS.COM, SINABANG - Seorang pasien, Herman (30), asal Desa Jaya Baru, Kecamatan Salang, Kabupaten Simeulue, meninggal dunia di teras Puskesmas Kecamatan Salang, Minggu (28/7/2019).

Pihak keluarga sangat terpukul, lantaran saat pasien tiba di Puskesmas Salang, sekitar pukul 08:30 WIB, tidak petugas kesehatan yang melayani pasien.

Sorefan (28) selaku adik kandung Herman menjelaskan, bahwa pada Minggu (28/7/2019) dini hari, abangnya merasakan sakit sesak nafas, secara mendadak.

Oleh pihak keluarga membawanya ke Puskesmas Salang untuk mendapatkan pengobatan. 

 "Namun, setiba di Puskesmas Salang tidak ada seorangpun petugas kesehatan disana. Kami menunggu lebih kurang setengah jam. Akhirnya, bang Herman menghembuskan nafas yang terakhir di teras Puskesmas Salang," kata Sorefan.

Sementara itu, Ihsan Jayadi (48), selaku tokoh masyarakat Desa Jaya Baru mengaku sangat menyesalkan atas ketiadaan petugas medis di Puskesmas Salang, sehingga seorang pasien meninggal dunia.

"Masak di Puskesmas tidak ada petugas yang siap menunggu disana," tutur Ihsan.

Baca: TPID Montasik Selenggarakan Bursa Inovasi Desa

Baca: DPRA Tolak Bahas KUA-PPAS 2020 Sebelum Persoalan Dana Hibah yang Terancam Jadi Silpa Tuntas Dibahas

Baca: Babak Pertama, Persiraja Tahan Sriwijaya FC di Jakabaring Palembang

Namun demikian, pihaknya berharap kejadian seperti ini tidak terulang kembali dan pelayanan dapat di tingkatkan secara maksimal.

"Dari pihak Dinas Kesehatan Simeulue bisa menindaklanjuti kejadian meninggalnya pasien di teras Puskesmas Salang," harapnya.

Secara terpisah, Kepala Puskesmas Salang, Zulliman Sahmi yang dikonfirmasi Serambinews.com, membantah khabar tentang tidak adanya petugas piket di Puskesmas Salang. Namun, insiden meninggalnya seorang pasien di teras Puskesmas pihaknya pun belum mendapatkan informasi.

 "Tidak mungkin tidak ada petugas. Meski hari libur, petugas tetap ada. Mungkin saja terlambat datang," kata Zulliman saat dikonfirmasi Serambinews.com.

Kepada Serambinews.com, ia juga mengaku tidak masuk kantor lantaran hari libur.

"Dari pagi tidak ada yang menelepon, melaporkan kejadian ini. Saya memang tidak masuk hari ini. Nanti saya tanyak sama petugas saya ya," ujar Kepala Puskesmas Salang, Zulliman Sahmi.(*)

Penulis: Sari Muliyasno
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved