Breaking News:

Luar Negeri

Ketegangan Inggris dan Iran Meningkat, Kapal Perang Angkatan Laut Kerajaan Tiba di Perairan Teluk

Kapal perang perusak HMS Duncan yang dikirim Angkatan Laut Kerajaan dilaporkan telah tiba di kawasan teluk.

Editor: Amirullah
Press TV
Kapal tanker Iran, Grace 1 yang diserbu Marinir Inggris 

Ketegangan Inggris dan Iran Meningkat, Kapal Perang Angkatan Laut Kerajaan Tiba di Perairan Teluk

SERAMBINEWS.COM - Kapal perang perusak HMS Duncan yang dikirim Angkatan Laut Kerajaan dilaporkan telah tiba di kawasan teluk.

Pengiriman kapal perang perusak HMS Duncan menyusul ketegangan yang meningkat antara Inggris dengan Iran itu, bertujuan untuk mengawal kapal-kapal yang melintasi Selat Hormuz.

Iran pada awal Juli juga telah menyita sebuah kapal tanker berbendera Inggris, dalam apa yang disebut London sebagai tindakan "perompakan negara".

Kapal perang HMS Duncan akan segera bergabung dengan kapal fregat HMS Montrose yang dijadwalkan untuk berlabuh dan menjalani pemeliharaan di pelabuhan terdekat di Bahrain, akhir Agustus mendatang.

Tugas kapal tersebut nantinya bakal digantikan oleh kapal perang fregat lainnya, HMS Kent, yang siap diberangkatkan ke perairan Teluk akhir tahun ini.

Inggris sebelummya sempat mengajukan proposal untuk membentuk pasukan perlindungan maritim yang dipimpin Eropa di Teluk, guna melindungi pengiriman melalui Selat Hormuz yang rentan, namun tetap tidak mencari konfrontasi dengan Iran.

Baca: Pecah Ban, Truk Bawa Keramik Tujuan Banda Aceh Tabrak Tiang Listrik di Idi Rayeuk

Baca: Perhatikan! Membentuk Rupiah Jadi Berbagai Bentuk Sebagai Mahar Bisa Didenda Rp1 Milliar

Baca: Atika Fitriani, Duta Wisata Berprestasi yang Berkesempatan Menginjak Kaki Hingga ke Tanah Amerika

Pihak Angkatan Laut Kerajaan telah meminta kepada kapal-kapal berbendera Inggris untuk memberikan pemberitahuan sebelum melintasi Selat Hormuz, yang kemudian bakal dikawal kapal perang Inggris.

Marinir Kerajaan mengatakan telah mendampingi hingga 35 kapal dagang dalam 20 transit terpisah.

"Saya senang karena HMS Duncan akan melanjutkan kinerja baik dari HMS Montrose dalam membantu mengamankan rute penting ini," ujar Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace dalam sebuah pernyataan, Minggu (28/7/2019).

"Tetapi kami juga terus mendorong resolusi diplomatik yang akan memungkinkan hal ini terjadi lagi tanpa pendampingan militer. Angkatan Laut Kerajaan akan terus memberikan perlindungan bagi kapal-kapal Inggris sampai ini menjadi kenyataan," lanjut pernyataan itu.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kerajaan Inggris telah memerintahkan angkatan lautnya untuk mengawal kapal-kapal berbendera Inggris yang melintasi Selat Hormuz.

Iran mengumumkan telah menahan kapal tanker berbendera Inggris, Stena Impero, yang membawa 23 orang kru, pada 19 Juli lalu.

Penahanan itu disebut sebagai aksi balasan atas langkah Marinir Inggris yang menahan kapal tanker Iran, Grace 1, di perairan Gibraltar pada 4 Juli.

Kementerian Pertahanan Inggris sebelumnya sempat menyampaikan bahwa jumlah armadanya tidak cukup untuk melindungi setiap kapal mereka di perairan Teluk.

Sebagai gantinya, kementerian menyarankan agar kapal-kapal berbendera Inggris di perairan Iran tidak melintasi selat.

"Tidak mungkin bagi Angkatan Laut Kerajaan untuk menyediakan pengawalan untuk setiap kapal yang melintas," kata mantan menteri luar negeri Inggris, Jeremy Hunt, awal pekan kemarin.

Sementara Departemen Transportasi Inggris telah menyarankan agar kapal-kapal yang terdaftar di Inggris untuk sementara menghindari berlayar ke perairan tersebut.

Artikel ini telah tayang di gridhot.id dengan judul Ketegangan Antara Inggris dan Iran Semakin Meningkat, Angkatan Laut Kerajaan Putuskan Kirim Kapal Perang Perusak HMS Dunca

Sumber: GridHot.id
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved