Kebakaran Lahan

Usut Penyebab Karhutla di Aceh Barat, Polisi Periksa 9 Warga, Siswa Korban Asap Dibawa Pulang

"Masih dalam pemeriksaan. Masih digali kenapa lahan mereka bisa terbakar. Jumlah yang kita mintai keterangan semua sudah 9 orang,"

Usut Penyebab Karhutla di Aceh Barat, Polisi Periksa 9 Warga, Siswa Korban Asap Dibawa Pulang
SERAMBINEWS.COM/RIZWAN
Siswa korban asap karhutla ketika dibawa ke RSUD Cut Nyak Dhien, Meulaboh, Selasa (30/7/2019). 

"Masih dalam pemeriksaan. Masih digali kenapa lahan mereka bisa terbakar. Jumlah yang kita mintai keterangan semua sudah 9 orang,"

Laporan Rizwan | Meulaboh

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Polsek Bubon, Aceh Barat, telah memeriksa sembilan warga di kecamatan setempat terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terus meluas.

Pemeriksaan oleh polisi untuk mengungkap lahan yang terbakar meliputi lahan kosong, lahan sawit dan lahan karet yang kini telah berdampak pada asap pekat.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Raden Bobby Aria Prakasa SIK melalui Kapolsek Bubon, Iptu Utra Prasetianto kepada Serambinews.com, Rabu (31/7/2019) menjelaskan, polisi sudah memintai keterangan warga baik itu pemilik maupun saksi warga sekitar kebun.

Baca: Ini Identitas 3 Pria dalam Mobil Putih, Ditangkap Polisi di Aceh Utara, Terdengar Suara Tembakan

"Masih dalam pemeriksaan. Masih digali kenapa lahan mereka bisa terbakar. Jumlah yang kita mintai keterangan semua sudah 9 orang," kata kapolsek.

Seperti diketahui, karhutla sudah beberapa hari terakhir melanda sejumlah titik di Aceh Barat yang sudah mencapai 13 hektare lebih.

Titik terluas kebakaran lahan gambut di kawasan Seuneubok Trap, Kecamatan Bubon, namun asap dari daerah itu mengepung ke sejumlah desa di Bubon hingga ke Kecamatan Samatiga.

Korban Asap

Sebanyak 4 orang siswa MTsN Blang Balee, Samatiga Aceh Barat yang tumbang karena sesak nafas dampak asap pekat kebakaran lahan dan hutan (karhutla) sudah dibawa pulang.

Baca: Sumur Tua Semburkan Gas Setinggi 5 Meter di Aceh Timur, Bau Gas Menimbulkan Nyeri di Dada 

Empat siswa ini sebelumnya sempat dirawat pada Selasa (30/7/2019) meliputi Cut Maulidar (15), Leo Ferdi (15), Syakira (15), Roja Fitria (14) di RSU Cut Nyak Dhien dan RS Harapan Sehat.

Kadis Kesehatan Aceh Barat, Syarifah Junaidah SKM MSi kepada Serambinews.com, Rabu (31/7/2019) mengatakan siswa korban karhutla sudah dibawa pulang dan kondisi mereka sudah membaik.

"Semula ada yang dirawat di Puskesmas, ada yang dirujuk ke RSU dan ada juga yang sudah mendapat penanangan di Puskesmas bisa langsung pulang," katanya.

Dikatakannya, terkait asap yang melanda beberapa lokasi di Aceh Barat, pihaknya terus membagikan masker baik di Samatiga dan Bubon.(*)

Baca: VIDEO - 8 Siswa Tumbang Terhirup Asap Karhutla di Aceh Barat

Penulis: Rizwan
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved