Breaking News:

KIA Wajib Bagi Anak di Bawah 17 Tahun, Ini yang Dilakukan Disdukcapil Aceh Selatan

Di Aceh Selatan, kata H Lahmuddin, program ini telah berjalan sejak 2018 dan saat ini sudah 2.069 anak usia 0 sampai 17 tahun memiliki KIA.

KIA Wajib Bagi Anak di Bawah 17 Tahun, Ini yang Dilakukan Disdukcapil Aceh Selatan
Serambi
Lahmuddin

Di Aceh Selatan, kata H Lahmuddin, program ini telah berjalan sejak 2018 dan saat ini sudah 2.069 anak usia 0 sampai 17 tahun memiliki KIA.

KIA Wajib Bagi Anak di Bawah 17 Tahun,

Ini yang Dilakukan Disdukcapil Aceh Selatan

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Aceh Selatan, H Lahmuddin SSos MSi, mengingatkan bahwa Kartu Identitas Anak (KIA) wajib bagi anak yang masih berusia 0 sampai 17 tahun. 

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) terus meningkatkan pelayanan dan memberi kemudahan kepada para orang tua untuk pembuatan KIA.

Baca: Dinas Kesehatan Bener Meriah Teliti Penyebab Keracunan Siswa SDN Bandar Lampahan

Baca: Abdya Sediakan 10 Beasiswa ke Timur Tengah, Hanya Tiga Mahasiswa yang Mendaftar

Baca: Mau Selamat Dunia Akhirat, Hindari Pembiayaan Konvensional

 

Di Aceh Selatani, kata H Lahmuddin, program ini telah berjalan sejak 2018 dan saat ini sudah 2.069 anak usia 0 sampai 17 tahun memiliki KIA.

"Sekarang kita sedang melaksanakan program jemput bola dengan datang ke seluruh SD untuk melakukan perekaman," kata H Lahmuddin kepada Serambinews.com, Kamis (1/8).

Lahmuddin menjelaskan kewajiban bagi anak usia di bawah 17 tahun wajib miliki KIA, sebab KIA merupakan hak sipil anak sebagai warga negara dan menjadi bukti diri yang sah bagi penduduk yang berumur di bawah 17 tahun. 

Selain sebagai tanda pengenal yang sah, lanjutnya, KIA juga sebagai persyaratan pendaftaran sekolah, untuk keperluan transaksi keuangan, pelayanan kesehatan, dan memudahkan dalam pembuatan dokumen keimigrasian.

"Apabila si anak melakukan perjalanan ke luar daerah, akan merasa aman karena sudah memiliki kartu pengenal," tambahnya.  (*)

Penulis: Taufik Zass
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved