Salam

Kita Tunggu Penyelidikan Polisi

Rumah yang dihuni Asnawi Luwi, wartawan harian ini di Kutacane, Aceh Tenggara, Selasa (30/7) dinihari

Kita Tunggu Penyelidikan Polisi
Serambinews.com
Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri Cabang Medan di rumah wartawan Serambi Indonesia, Asnawi Luwi, di Desa Lawe Loning Aman, Kecamatan Lawe Sigala-gala, Rabu (31/7/2019. Rumah Asnawi terbakar, Selasa (30/7/2019) sekitar pukul 01.30 dini hari. 

Rumah yang dihuni Asnawi Luwi, wartawan harian ini di Kutacane, Aceh Tenggara, Selasa (30/7) dinihari, terbakar bersama mobil dan hampir semua isi rumah. Asnawi bersama istri berhasil menyelamatkan tiga anaknya yang masih kecil-kecil dari sergapan api. Polisi sedang mengusut kasus ini, karena Asnawi menaruh curiga bahwa rumahnya dibakar terkait dengan berita-berita yang ditulisnya tentang sejumlah dugaan penyimpangan proyek di Aceh Tenggara.

Musibah yang dihadapi Asnawi itu beredar cepat dan mendapat tanggapan dari sejumlah kalangan mulai dari Aceh hingga ke Jakarta dan sejumlah daerah lainnya di Indonesia. Mereka menyatakan prihatin dan mendesak polisi untuk mengusut tuntas kasus kebakaran rumah seorang wartawan itu.

Manajemen Harian Serambi Indonesia sangat mengapreasiasi serta berterima kasih kepada semua pihak atas dukungan moral dan material yang diberikan kepada Asnawi Luwi dan keluarga. Semoga dukungan itu menguatkan semangat Asnawi dan keluarganya di hari-hari mendatang.

Hingga malam tadi, belum ada kesimpulan apakah rumah itu dibakar atau terbakar. Sehingga kita juga belum tahu, apakah peristiwa ini terkait dengan berita-berita yang ditulis Asnawi atau karena hal lain.

Walau belum ada kaitan, kepada masyarakat perlu kita jelaskan lagi mengenai fungsi pers di Indonesia. Bahwa pers di Indonesia mengacu pada fungsi pers secara universal dan telah memiliki landasan serta pedoman. Rumusan fungsi pers di Indonesia termaktub dalam Pasal 3 Undang-Undang No 40 Tahun 1999 tentang Pers yang pada ayat 1 berbunyi, “Pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.”

Sebagai media informasi, pers nasional memiliki kebebasan untuk mencari serta menyampaikan informasi yang valid kepada masyarakat. Hal ini terkait dengan hak memperoleh informasi yang melekat pada masyarakat serta dijamin dan dilindungi oleh konstitusi dan peraturan perundang-undangan lainnya.

Fungsi kedua adalah pendidikan, maksudnya pers nasional merupakan sarana pendidikan bagi masyarakat sehingga masyarakat dapat memperkaya wawasan dan pengetahun. Fungsi ketiga sebagai media hiburan, pers nasional merupakan media untuk memperoleh hiburan atau kesenangan bagi masyarakat.

Terakhir, fungsi keempat adalah sebagai kontrol sosial. Maksudnya adalah bahwa pers nasional sebagai lembaga sosial melaksanakan kontrol sosial untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan kekuasaan atau penyimpangan lainnya yang dilakukan pejabat publik atau penguasa. Kontrol sosial dilakukan melalui pernyataan pendapat secara bebas namun bertanggung jawab.

Dalam menjalankan fungsinya, pers biasanya memposisikan diri dalam banyak peran. Terkadang sebagai penasihat, pengawas, dan pengatur agenda ketika kekerasan moral dan tatanan sosial ditampilkan. Semua itu dilakukan secara bertanggung jawab.

Bentuk tanggung jawab seorang wartawan dalam meliput berita adalah, selain datang ke lapangan juga mencari tahu duduk persoalan ke semua pihak yang terkait dengan berita yang ditulisnya. Jika kemudian ada pihak yang merasa dirugikan karena berita yang ditulis itu, maka pihak yang dirugikan mendapat hak jawab, untuk mengklarifikasi. Jadi, pers sangat terbuka dan patuh pada regulasi yang mengikat dirinya.

Terkait dengan kebakaran rumah Asnawi Luwi, kita mendesak pihak kepolisian untuk mengusut tuntas, agar kelak kita tahu apa yang sebenarnya menjadi penyebab terbakarnya rumah dan mobil milik Asnawi. Kepada Asnawi serta keluarga kita harapkan supaya tetap kuat menghadapi cobaan tersebut. Toh, berprofesi apapun tetap ada risikonya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved