Pemilik Kebun Klaim Tidak Tahu, Penyebab Kebakaran Lahan di Aceh Barat

Polsek Bubon, Aceh Barat pada Jumat (2/8) kemarin, kembali memeriksa dua pemilik lahan asal Desa Peulante, Kecamatan Bubon untuk mengusut

Pemilik Kebun Klaim Tidak Tahu, Penyebab Kebakaran Lahan di Aceh Barat
For Serambinews.com
Petugas BPBK Abdya memadamkan api lahan sawit milik masyarakat di Desa Ie Merah, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya yang dilalap si jago merah, Selasa (2/7/2019). 

MEULABOH - Polsek Bubon, Aceh Barat pada Jumat (2/8) kemarin, kembali memeriksa dua pemilik lahan asal Desa Peulante, Kecamatan Bubon untuk mengusut penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Aceh Barat. Dari total 10 pemilik kebun yang sudah diperiksa saat ini, semuanya mengaku tidak tahu darimana sumber api yang membakar lahan mereka.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Raden Bobby Aria Prakasa SIK, melalui Kapolsek Bubon, Iptu Utra Prasetianto kepada Serambi, Jumat kemarin, menjelaskan, penyidik masih terus memeriksa sejumlah pemilik kebun untuk mengungkap penyebab kebakaran lahan yang melanda kawasan tersebut. "Sejauh ini, semua pemilik lahan mengaku tidak tahu," ujarnya.

Iptu Utra menyebutkan, berdasarkan keterangan pemilik kebun, luas lahan yang terbakar di Kecamatan Bubon mencapai 33 hektare (ha). "Rinciannya, di Seuneubok Trap 20 hektare, Suak Pangkat 10 hektare, dan Peulante 3 hektare," sebutnya.

Pada bagian lain, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda Kecamatan Bubon dan Johan Pahlawan, Aceh Barat dilaporkan belum padam hingga sekarang. Namun begitu, sejumlah titik api atau hotspot disebutkan mulai berkurang setelah pada Jumat (2/8) kemarin, kawasan tersebut sempat diguyur turun hujan ringan.

Informasi lain yang diperoleh Serambi merincikan, lahan yang masih terbakar di Kecamatan Bubon tersebar di Desa Seuneubok Trap, Suak Pangkat, dan Peulante. Sedangkan di Kecamatan Johan Pahlawan terjadi di Desa Seuneubok. Berdasarkan infor yang dilansir Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), sampai sekarang tim gabungan dari BPBD Aceh Barat, TNI, Polri, dan KPH masih terus berjibaku menaklukkan amukan 'si jago merah’.

Sementara itu, asap pekat yang sempat dalam beberapa hari terakhir menyelimuti kawasan Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, mulai tampak berkurang. Bahkan, kabut asap kiriman dari kebakaran lahan di Kecamatan Bubon itu tidak muncul lagi di permukiman penduduk.

"Hujan lokal sudah turun di Samatiga telah menyebabkan kabut asap hilang di Samatiga," ujar Kapolres Aceh Barat, AKBP Raden Bobby Aria Prakasa SIK, melalui Kapolsek Samatiga, Iswar kepada Serambi, Jumat (2/8) kemarin. Kapolsek juga menyebutkan, bahwa aktivitas sekolah sudah normal seperti sedia kala.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved