Feature

Cerita Sapo Belen, Rumah Besar di Singkil yang Jadi Buruan Turis Eropa, Menyimpan Banyak Benda Unik

Doktor lulusan Univesitas Kassel Jerman, itu tertarik membangun Sapo Belen, niatnya membantu memajukan pariwisata Aceh Singkil, sebagai tanah kelahir

Cerita Sapo Belen, Rumah Besar di Singkil yang Jadi Buruan Turis Eropa, Menyimpan Banyak Benda Unik
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Turis Eropa tinggal di Sapo Belen di Desa Pulau Sarok, Singkil, Aceh Singkil, sebelum melihat buaya serta plora dan fauna di rawa Singkil, Minggu (4/8/2019) 

Laporan Dede Rosadi I Aceh Singkil

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Wanita berkulit putih dengan rambut pirang terikat, duduk di kursi kayu di bagian depan rumah bernuansa etnik itu, Minggu (4/8/2019).

Tangan kirinya memegang pulpen

Baris demi baris kalimat tersusun di lembar kertas yang terletak di pangkuan.

Sementara pria dan wanita lain dengan bentuk fisik serupa, wara-wiri mengabadikan barang-barang unik yang tertata rapi di bagian dalam ruangan.

Kuali besi berukuran besar di taruh di ruang depan Sapo Belen, di Desa Pulau Sarok, Singkil, Aceh Singkil, Minggu (4/8/2019)
Kuali besi berukuran besar di taruh di ruang depan Sapo Belen, di Desa Pulau Sarok, Singkil, Aceh Singkil, Minggu (4/8/2019) (SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI)

Tak bosan, kuali, alu, brangkas besi buatan Jerman berusia ratusan tahun menjadi sasaran jepretan kamera.

Mereka adalah wisatawan asal Eropa tepatnya negera Republik Ceko.

Baca: Gempa 7,4 SR Guncang Banten: Perilaku Aneh Hewan Ini Rupanya Jadi Pertanda

Baca: Dinas Pertanian dan Pangan Pidie Remajakan Lahan Kopi di Tangse

Baca: Warga Pedalaman Aceh Timur Keluhkan Mahalnya Harga Gas Elpiji 3 Kilogram

Para turis tersebut menjadikan Sapo Belen (rumah besar) sebagai tempat menginap, sebelum berkeliling Rawa Singkil, melihat buaya, orang utan, burung, serta flora dan fauna lainnya.

Bentuk bangunan yang terletak di kawasan Desa Pulau Sarok, Kecamatan Singkil, itu menggambarkan perkawinan antarabudaya yang mendiami Kabupaten Aceh Singkil.

Keunikan itu membuat Sapo Belen, disukai bangsa Eropa. Sementara bagian interior Sapo Belen, didominasi khas etnis Singkil.

Sapo Belen di Desa Pulau Sarok, Singkil, Aceh Singkil, menjadi daya tarik bagi wisatawan Eropa yang berkunjung ke Kabupaten itu, Minggu (4/8/2019)
Sapo Belen di Desa Pulau Sarok, Singkil, Aceh Singkil, menjadi daya tarik bagi wisatawan Eropa yang berkunjung ke Kabupaten itu, Minggu (4/8/2019) (SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI)
Halaman
123
Penulis: Dede Rosadi
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved