Breaking News:

Banda Aceh-India Jajaki Kerja Sama

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyambut kedatangan Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, Pradeep Kumar Rawat, di Pendopo...

DOK/HUMAS PEMKO BANDA ACEH
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dan Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat, membahas kemungkinan kerja sama, di Pendopo Wali Kota, Senin (5/8). 

BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyambut kedatangan Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, Pradeep Kumar Rawat, di Pendopo Wali Kota, Senin (5/8). Bersama Duta Besar, ikut juga Konsul Jendral India untuk Pulau Sumatera, Ragu Guguraj dan Asisten Bidang Komersial, Ben Sinaga.

Dari jajaran Pemko, turut hadir Asisten Pemerintahan Faisal, Asisten Administrai Umum Tarmizi Yahya, Kadis Kesehatan Warqah Helmi, Kabag Adm Perekonomian Muhammad Ridha SSTP dan pejabat jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota.

Dalam pertemuan itu, Aminullah dan Duta Besar terlihat sangat serius membicarakan kemungkinan kerja sama antara Banda Aceh dengan India. "Kita tadi membicarakan kemungkinan kerjasama dibidang pariwisata dan ekonomi kreatif, kesenian dan budaya, pendidikan, kesehatan dan pengembangan sumber daya manusia," ungkap Wali Kota.

Dikatakan, kerja sama yang akan dibangun ini akan saling menguntungkan kedua belah pihak. "Pak Duta Besar mengundang kita ke India untuk melihat apa saja program-program yang telah berhasil di sana. Apa yang bagus disana akan kita adopsi dan juga sebaliknya mereka akan mengadopsi program-program unggulan dari kita. Jadi ada saling share keberhasilan," tambah Aminullah.

Sementara itu, Pradeep Kumar Rawat mengaku senang dan bahagia atas sambutan Wali Kota dan jajaran terhadap kedatangannya ke Banda Aceh. "Saya sangat bahagia, kami menemukan lebih banyak infomasi tentang sejarah dan kebudayaan kita. Kami mendiskusikan banyak ide, salah-satunya kerjasama bisnis," ungkapnya.

Dikatakan, investor India berpeluang menjalakan bisnis di Banda Aceh karena kota ini juga pusat bisnis di Provinsi Aceh. Pradeep juga optimis bahwa Banda Aceh dan India berpeluang membangun kerjasama dibidang kebudayaan, pendidikan dan dibidang pembangunan sumber daya manusia sebagai fokus utama.

Dalam pertemuan itu, kedua belah pihak juga membahas program pemanfaatan sampah untuk energi listrik dan kompos. Pada pertemuan itu keduanya saling tukar cindera mata. Wali Kota memberikan plakat dan tas suvenir khas Aceh yang didalamnya juga tersedia kopi khas Aceh. Diakhir pertemuan, Wali Kota dan Duta Besar India menyepakati akan ada pertemuan lanjutan untuk membicarakan konsep kerjasama secara lebih detail.(hba/*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved