Bank Aceh Sesuai Dengan Prinsip Syariah

Kegiatan usaha yang dijalankan Bank Aceh Syariah selama ini sudah sesuai dengan prinsip syariah dan memenuhi standar kepatuhan syariah

Bank Aceh Sesuai Dengan Prinsip Syariah
Prof. Dr. Tgk. H Muslim Ibrahim MA 

SERAMBINEWS.COM,- Tujuan konversi Bank Aceh Syariah adalah memberikan kesempatan bagi masyarakat Aceh bermuamalah secara syariah, dan meninggalkan praktek ribawi pada transaksi dengan lembaga keuangan. “Kegiatan usaha yang dijalankan Bank Aceh Syariah selama ini sudah sesuai dengan prinsip syariah dan memenuhi standar kepatuhan syariah (Shariah compliance),” ujar Ketua Dewan Pengawas Syariah Bank Aceh, Prof Dr Tgk H Muslim Ibrahim.

Dalam rangka memastikan kesesuaian prinsip syariah pada Bank Aceh, DPS berwenang memberikan nasehat kepada manajemen bank agar seluruh kegiatan usahanya sejalan dengan prinsip syariah. DPS juga berfungsi memberikan opini terhadap seluruh kegitan penghimpunan dana, penyaluran dana termasuk produk jasa Bank Aceh agar sesuai dengan prinsip syariah.

Pascakonvesi, lanjut Muslim Ibrahim, Bank Aceh Syariah telah melakukan sejumlah upaya transformasi dan reformasi total terhadap sumber daya insani (SDI), sistem usaha, produk, infrastruktur, teknologi informasi (IT), budaya dan paradigma dari konvensional menjadi syariah. Oleh karena itu, dukungan semua pihak seperti pemegang saham, regulator, jajaran komisaris, DPS, jajaran direksi, karyawan dan seluruh stakeholder sangat menentukan keberhasilan Bank Aceh dalam menjalankan usahanya berdasarkan prinsip syariah secara kaffah.

Muslim Ibrahim berharap, Bank Aceh dapat menjadi salah satu motor penggerak perekonomian masyarakat Aceh, demi mewujudkan kesejahteraan, keadilan dan kemaslahatan bagi umat. Menurutnya, DPS saat ini telah menjalankan fungsi dan kewenangannya secara optimal baik sebelum maupun setelah Bank Aceh melakukan konversi. Kedua proses tersebut juga dilaporkan secara berkala kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Di usia ke 46, semoga Bank Aceh semakin sukses dan berjaya serta dapat mengemban amanah kepercayaan dan kemitraan yang menjadi kebanggaan masyarakat Aceh,” harap Muslim Ibrahim. (*)

Editor: iklan@serambinews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved