Berubah Bersama Melalui Transformasi

Bank Aceh Syariah genap berusia 46 tahun. Usia yang panjang bagi perjalanan perusahaan daerah yang bergerak di industri perbankan

Berubah Bersama Melalui Transformasi
Haizir Sulaiman

SERAMBINEWS.COM, SELASA hari ini, tanggal 6 Agustus 2019, Bank Aceh Syariah genap berusia 46 tahun. Usia yang panjang bagi perjalanan perusahaan daerah yang bergerak di industri perbankan.

Bank Aceh meyakini bahwa pertumbuhan industri perbankan syariah akan semakin agresif di masa mendatang baik dari segi pengembangan produk maupun layanan teknologi informasi. Itu sebabnya, “Berubah Bersama” menjadi tema HUT kali ini.

Sejalan dengan hal tersebut, Bank Aceh akan terus memberikan konstribusi dalam rangka mendukung pertumbuhan perekonomian, terutama pada aktivitas ekonomi produktif. Hal ini sejalan dengan tujuan program transformasi bank daerah, yaitu memberikan konstribusi terhadap pembangunan daerah.

“Secara umum, pencapaian kinerja Bank Aceh hingga periode Juni 2019 meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” kata Direktur Utama (Dirut) PT Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman.

Pencapaian kinerja Bank Aceh yang positif ini dapat dilihat pada kinerja aset, yang hingga Juni 2019 yang telah mencapai Rp 26,1 triliun atau tumbuh 9,2% secara tahunan atau year on year (yoy), dari Rp 23,9 triliun pada periode Juni 2018 lalu.

Dana pihak ketiga, tumbuh 11,5 % menjadi sebesar Rp 23,1 triliun pada periode yang sama. Sementara pembiayaan tumbuh sebesar 3,1% menjadi sebesar Rp 13,1 triliun. Di sisi lain, rasio Non Performing Financing (NPF) mampu ditekan menjadi 1,97%.

Haizir menyebutkan, sampai dengan 2019, Bank Aceh memiliki tingkat likuiditas yang baik. Hal ini dipresentasikan oleh kemampuan Bank Aceh dalam memenuhi kewajiban dengan pencapaian kinerja tersebut. Selain itu, pada 2018 lalu, Bank Aceh telah memberikan konstribusi yang signifikan bagi pendapatan asli daerah (PAD), yaitu sebesar Rp 256,6 miliar.

“Ini sekaligus menjawab tantangan banyak pihak yang mempertanyakan kemampuan Bank Aceh untuk lebih adaptif dengan cepat dalam iklim persaingan industri perbankan pascakonversi,” ujar Haizir Sulaiman.

Atas capaian keberhasilan itu, pihaknya memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pemerintah daerah dan masyarakat yang telah setia dan turut serta mendukung dan membantu Bank Aceh. “Pemerintah daerah dan masyarakat menjadi komponen utama bagi pencapaian keberhasilan Bank Aceh hingga saat ini,” imbuhnya.

Secara khusus, Haizir Suliman juga memberikan apresiasi kepada Plt Gubernur, Nova Iriansyah selaku pemegang saham pengendali, yang selama ini sangat concern dalam mendukung arah kebijakan Bank Aceh yang lebih baik ke depan.

Halaman
12
Editor: iklan@serambinews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved