BPPA akan Salurkan Peserta Magang dari Aceh ke Perusahaan di Jabodetabek

Tujuan kerjasama ini menghubungkan anak-anak muda Aceh atau peserta didik SMKN 1 Darul Kamal yang magang di industri-industri di wilayah Jabodetabek

BPPA akan Salurkan Peserta Magang dari Aceh ke Perusahaan di Jabodetabek
SERAMBINEWS.COM/ FIKAR W EDA
Almuniza dan Tisna Sumarna (kanan), sepakat jalin kerjasama fasilitasi siswa magang di Jabodetabek. 

Tujuan kerjasama ini  untuk menghubungkan dan mengkoordinasikan anak-anak muda Aceh atau peserta didik SMKN 1 Darul Kamal yang  magang di industri-industri di wilayah Jabodetabek.

 Laporan Fikar W.Eda | Jakarta

 SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) siap fasilitasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 (SMKN 1 ) Darul Kamal, Aceh Besar yang akan  magang di berbagai perusahaan industri di Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi atau Jabodetabek. 

 Kerjasama fasilitator itu dikukuhkan dalam MoU yang ditandatangani Kepala BPPA, Almuniza Kamal dengan Tisna Sumarna dari SMKN 1 Darul Kamal.

Baca: Anggota Komisi III DPR RI Muslim Ayub Minta Polda Aceh Ambil Alih Kasus Teror Wartawan di Agara

 "Tujuan kerjasama ini  untuk menghubungkan dan mengkoordinasikan anak-anak muda Aceh atau peserta didik SMKN 1 Darul Kamal yang  magang di industri-industri di wilayah Jabodetabek," ujar Kepala BPPA, Almuniza Kamal STTP MSi, Rabu (7/8/2019).

 Almuniza mengatakan, dengan adanya kerjasama ini, maka ke depannya peserta didik dari SMKN 1 Darul Kamal, Aceh Besar tidak perlu lagi bergerak sendiri  mendapatkan tempat magang, melainkan akan dibantu Pemerintah Aceh melalui BPPA.

 "Tahap awal, kita minta peserta didik dari SMKN 1 Darul Kamal  menjadi peserta magang di salah satu perusahaan cold storage di Muara Angke," jelasnya.

 Menurut Almuniza, di masa mendatang Pemerintah Aceh akan mengoperasikan perusahaan cold storage, maka dibutuhkan tenaga terampil untuk mengoperasikan peralatan cold storage tersebut.

Baca: ASN Kemenag Seluruh Aceh Shalat Ghaib untuk Almarhum Mbah Moen

 "Setelah  masa magang selesai, peserta akan kembali pulang ke Aceh dan bekerja di perusahaan-perusahaan yang mengelola cold storage milik Pemda atau swasta," ujar Almuniza.

 Bidang Manajemen Mutu, SMKN 1 Darul Kamal,  Tisna Sumarna ST mengisahkan, ide magang awalnya tercetus karena melihat peserta didik di SMKN 1 Darul Kamal bergerak sendiri-sendiri. 

 Akhirnya, muncullah keinginan untuk membantu mencarikan tempat magang bagi murid-murid tersebut agar peserta didik didata dan lebih terstruktur.

 "Oleh karena itu, kita lakukanlah kerjasama dengan BPPA untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL) di luar provinsi Aceh," jelas dia. (*)

Baca: Bappeda Aceh Harap Program Pemberdayaan Masyarakat PT Medco Dapat Berlanjut

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved