Luar Negeri

Presiden Turkmenistan Bantah Isu Meninggal, Tiba-Tiba Tampil Saat Liburan di Gerbang Neraka

Presiden Turkmenistan sempat dikabarkan menghilang dari hadapan publik selama berminggu-minggu

Presiden Turkmenistan Bantah Isu Meninggal, Tiba-Tiba Tampil Saat Liburan di Gerbang Neraka
ABC NEWS / WATAN HABARLARY
Tangkapan layar tayangan televisi Turkmenistan, yang menampilkan Presiden Gurbanguly Berdymukhamedov mengemudikan mobil reli di dekat kawah Gerbang Neraka di Gurun Karakum. (ABC NEWS / WATAN HABARLARY) 

SERAMBINEWS.COM, ASHGABAT - Presiden Turkmenistan sempat dikabarkan menghilang dari hadapan publik selama berminggu-minggu, yang memicu munculnya desas-desus bahwa presiden telah meninggal.

Namun pada akhir pekan lalu, sebuah siaran di stasiun televisi pemerintah menampilkan rekaman yang menunjukkan bahwa Presiden Gurbanguly Berdymukhamedov masih dalam keadaan sehat walafiat dan hanya sedang berlibur.

Pemimpin autokrat berusia 62 tahun itu terakhir tampil di hadapan publik pada pertengahan Juli dan beberapa media asing, yang mengutip sumber anonim, memberitakan bahwa dia telah wafat.

Kabar itu langsung dibantah tegas oleh pemerintah setempat yang mengatakan bahwa presiden hanya sedang berlibur.

Dan pada Minggu (4/8/2019) lalu, sebuah tayangan di televisi memutar rekaman yang membuktikan bahwa presiden sedang berlibur dan dalam keadaan sehat.

Dalam rekaman tersebut, Presiden Berdymukhamedov terlihat sedang mengendarai mobil reli mengitari kawah api abadi di tengah Gurun Karakum yang disebut dengan Gerbang Neraka.

Tayangan itu juga menunjukkan saat presiden yang mengenakan pakaian bergaya militer dan topi bisbol sedang bermain bowling.

Berdymukhamedov menjalankan pemerintahan negara bekas republik Soviet, yang mengekspor gas alam melalui jaringan pipa ke China dan Rusia, sejak meninggalnya presiden pendahulunya, Saparmurat Niyazov, pada 2006.

Berdymukhamedov merupakan pendukung utama televisi pemerintah di negara Asia Tengah yang kaya gas alam itu, di mana tidak ada media yang bebas dan sedikit sumber informasi yang tidak dikendalikan oleh pemerintah yang berkuasa.

Laporan video liburan itu menjadi pertama kali Presiden Berdymukhamedov tampil di media sejak 15 Juli lalu, saat dia ditunjukkan tengah menulis buku, bermain bersama kucing dan menonton rekaman dirinya bernyanyi bersama cucunya.

Halaman
1234
Editor: faisal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved