Breaking News:

Tokoh Gayo Siap Somasi ke Penulis Ensiklopedi Suku Bangsa Indonesia, Cabut Keterangan tentang Gayo

Tokoh masyarakat Gayo di Jakarta, Alwien Desry SH MH siap melayangkan somasi kepada penulis buku Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia, Dr Zulyani

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Jalimin
Tokoh Gayo Siap Somasi ke Penulis Ensiklopedi Suku Bangsa Indonesia, Cabut Keterangan tentang Gayo
For Serambinews.com
Buku karya Yusra Habib Abdul Gani, membantah keterangan tentang Gayo dalam ensiklopedi suku bangsa di Indonesia.

Tokoh Gayo di Jakarta, Siap Layangkan Somasi kepada Penulis Ensiklopedi Suku Bangsa Indonesia, Mencabut Keterangan tentang Gayo

Laporan Fikar W.Eda/Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Tokoh masyarakat Gayo di Jakarta, Alwien Desry SH MH siap melayangkan somasi kepada penulis buku Ensiklopedi  Suku Bangsa di Indonesia, Dr Zulyani Hidayah, atas tulisannya yang menyatakan Gayo berasal dari kata "Kayo" yang berarti takut dalam bahasa Aceh.

 "Seorang penulis ensiklopedi  seharusnya melakukan penelitian dan kajian yang dapat dipertanggungjawabkan saat menyinggung tentang sejarah sebuah suku," kata Alwien Desry yang juga seorang seniman dan pengacara di Jakarta.

 "Kita akan kirimkan somasi kepada penulisnya untuk menarik tulisan tentang Gayo yang dinilai sangat tidak berimbang saat menebut tentang Gayo," ujar Alwien di Jakarta, Rabu (7/8/2019).

 Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia yang ditulis Dr Zulyani Hidayah sebelumnya juga menuai protes keras dari penulis dan intelektual Gayo, DR Yusra Habib Abdul Gani.

DR Yusra Habib Abdul Gani Tantang DR Zulyani Hidayah, Penulis Buku Ensiklopedi Suku Bangsa Indonesia

Satpol PP Tertibkan Penjualan LPG 3 Kg Hingga ke Kecamatan

235 Mahasiswa Universitas Almuslim KKM di Aceh Tengah

Dua Penyair Aceh, Mustafa Ismail dan Pilo Poly Jadi Penggerak Festival Sastra Bengkulu

Yusra Habib bahkan secara khusus menulis buku yang memuat keterangan tentang asal-usul Gayo,  sama sekali berbeda dengan yang ditulis dalam ensiklopedi tersebut.

Buku tersebut "Gayo dan Kerajaan Linge" diterbitkan Mahara Publishing Jakarta 2019.

Yusra Habib dalam buku bersampul merah itu, mengetengahkan data dan fakta tentang asal usul Gayo dan kaitannya dengan nenek moyang Gao yang sudah ada di Loyang Mendale sejak 8500 tahun silam.

Sementara Zulyani Hidayah dalam enslikopedi tersebut sama sekali tidak menyebut sumber-sumber terpercaya saat menuliskan asal usul Gayo.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved