Stok Ternak Kurban Capai 41.375 Ekor

Jumlah stok ternak sapi, kerbau, dan kambing untuk kurban yang tersedia di tingkat pedagang dan peternak jelang Idul Adha 1440 hijriah

Stok Ternak Kurban Capai 41.375 Ekor
SERAMBI/HERIANTO
Kabid Kesehatan Hewan Disnak Aceh, Drh Muslim dan Kabid Keswan Final Aceh Besar, Drh Evi Fitriani melihat kondisi kesehatan hewan yang mau dijual di Pasar Hewan Sibreh, Aceh Besar, Rabu (7/8). 

BANDA ACEH - Jumlah stok ternak sapi, kerbau, dan kambing untuk kurban yang tersedia di tingkat pedagang dan peternak jelang Idul Adha 1440 hijriah, sebanyak 41.375 ekor. Stok itu tersebar di 23 kabupaten/kota. Demikian disampaikan Kepala Dinas Peternakan Aceh, drh Rahmandi MSi kepada Serambi, Rabu (7/8) di Banda Aceh.

Dikatakan, stok ternak sapi, kerbau, dan kambing di Aceh sampai kini masih banyak karena tingkat kesadaran peternak, pedagang, dan masyarakat untuk tidak memotong ternak betina produktif, masih tinggi. Saat ini, jumlah ternak sapi yang tersedia di kabupaten/kota sekitar 16.692 ekor, kerbau 3.491 ekor, dan kambing 21.192 ekor. Sementara jumlah ternak untuk persediaan daging meugang, sapi sebanyak 9.573 ekor, kerbau 4.287 ekor, dan kambing 13.860 ekor.

Rahmandi menjelaskan, dalam rangka menghadapi penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 1440 hijriah ini, pihaknya mengimbau penyuluh peternakan di kecamatan untuk menyosialisasikan bimbingan teknis kepada petugas/panitia kurban, terkait tata cara penyembelihan yang higienis dan halal. "Penyuluh peternakan di kecamatan juga perlu meningkatkan pengawasan kesehatan ternak sapi, kerbau, dan kambing," ujarnya.

Selain itu, Rahmandi menekankan kepada penyuluh, pedagang, dan masyarakat yang mau melaksanakan kurban, agar tidak memotong ternak sapi, kerbau dan kambing betina yang masih produktif. "Larangan ini kami sampaikan agar populasi ternak sapi, kerbau, dan kambing betina yang masih produktif tidak menurun drastis di Aceh," kata dia.

Sementara itu, Kabid Kesehatan Hewan dan Veteriner Dinas Peternakan Aceh, drh Muslim bersama Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Aceh Besar, drh Eva Fitriani yang ditemui Serambi di Pasar Hewan Sibreh mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada peternak dan pedagang sapi, kerbau, dan kambing, tentang tata cara pemotongan hewan yang higienis dan halal, kesehatan hewan, dan lainnya.

Masyarakat yang ingin berkurban, kata Muslim dan Eva, lebih banyak memilih beli sapi seharga Rp 16 juta-Rp 17 juta/ekor, yang dimiliki oleh 7 orang. Setiap orang yang berkurban dikenakan biaya Rp 2,5 juta.(her) 

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved