Info Haji 2019

Empat Juta Manusia Berkumpul di Arafah

Hari ini, Sabtu 9 Zulhijah 1440 H atau 10 Agustus 2019, sebanyak 4 juta jamaah haji dari berbagai penjuru dunia berkumpul di Arafah

Empat Juta Manusia Berkumpul di Arafah
SERAMBI/MOHD DIN
Suasana sebagian JCH Aceh menunggu bus menuju Padang Arafah, Jumat (9/8). 

Laporan MOHD DIN, WARTAWAN Serambi Indonesia

Hari ini, Sabtu 9 Zulhijah 1440 H atau 10 Agustus 2019, sebanyak 4 juta jamaah haji dari berbagai penjuru dunia berkumpul di Arafah. Para jamaah melaksanakan wukuf, puncak haji dan serangkaian ibadah lainnya.

Bagi Jamaah yang mengambil Nafar Sani akan berada di Arafah, lalu ke Muzdalifah dan terakhir ke Mina, sebelum kembali ke Mekkah selama kurang lebih empat malam.

Tempat wukuf para jamaah, yaitu Padang Arafah, memiliki sejarah panjang, sejak Nabi Adam Alaihissalam hingga sekarang. Tampilan dan suasananya sudah berubah total. Fasilitas yang tersedia untuk kenyamanan jamaah haji melaksanakan wukuf sudah lengkap.

Sesuai dengan kebutuhan jamaah, lahan di Padang Arafah yang dapat digunakan mempunyai luas 3,5 km x 3,5 km. Jadi luas Arafah itu adalah 12.250.000 meter persegi.

Andai orang disuruh duduk di shaf berdesakan, 1 meter persegi cukup untuk maksimum 3 orang, maka kapasitas maksimum Arafah 36.750.000 orang.

Awalnya, Arafah merupakan tanah datar dikelilingi bukit berbatu. Bentuk lokasi Arafah bagaikan busur yang sangat besar. Tali busurnya adalah di Wadi Uranah.

Zaman dahulu, setiap jamaah wukuf di Arafah membuat kemah atau tenda tersendiri. Tentu saja sangat tradisional. Bila musim haji jatuh pada musim panas, maka jamaah mengalami sengatan matahari yang panas. Dan bila musim haji jatuh musim dingin maka jamaah kedinginan.

Di zaman intelegensia buatan, seperti sekarang ini, Padang Arafah yang gersang menjadi lebih nyaman. Kemah-kemahnya terbuat dari terpal bagus yang mampu mengurangi efek panas matahari di musim panas.

Lalu, di sekitar kemah dipancarkan semprotan air yang menyebabkan udara di sekitar kemah berkurang panas. Di dalam tenda, dipasang pendingin udara dengan tekanan yang tinggi.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved