Masrul Aidi Khatib Idul Adha di Masjid Raya

Pimpinan Pesantren Babul Maghfirah Cot Keueng, Aceh Besar, Ustaz H Masrul Aidi Lc, akan bertindak sebagai khatib shalat Hari Raya Idul Adha

Masrul Aidi Khatib Idul Adha di Masjid Raya
SERAMBINEWS.COM/ZAINAL ARIFIN M NUR
Ustaz H Masrul Aidi Lc 

Banda Aceh - Pimpinan Pesantren Babul Maghfirah Cot Keueng, Aceh Besar, Ustaz H Masrul Aidi Lc, akan bertindak sebagai khatib shalat Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Minggu (11/7) pagi. Sedangkan Imam Rawatib Masjid Raya Baiturrahman, Tgk H Jamhuri Ramli SQ, dipercayakan mengimami shalat yang dimulai pukul 07.15 WIB tersebut.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Keistimewaan dan Kesra (Isra) Setda Aceh, Sulaiman M Hasan Lc MA, kepada Serambi, kemarin, menjelaskan, khutbah yang akan disampaikan oleh Ustaz Masrul Aidi berjudul “Idul Adha Momentum Tarbiyah Membentuk Pribadi Taat, Ikhlas, dan Peduli.” Adapun imam pengganti, sebutnya, yaitu Tgk Abdul Manaf Daud, yang juga imam rawatib Masjid Raya Baiturrahman.

Sulaiman mengimbau kepada masyarakat yang ingin melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Raya agar datang minimal 30 menit sebelum shalat dimulai. Sehingga, tidak terburu-buru saat mengambil wudhuk dan mengatur shaf shalat nantinya. “Dengan datang lebih cepat, kita juga bisa bersama-sama melantunkan takbir yang dipandu grup IPQAH Aceh dan Banda Aceh,” ungkapnya.

Sementara pada Sabtu (4/6) malam, Pemerintah Aceh melalui Panitia Penyelenggara Peringatan Hari-hari Besar Islam (P3HBI) Aceh, melaksanakan musabaqah pawai takbiran dalam rangka menyemarakkan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah. Sebanyak 60 regu yang terdiri atas remaja masjid/meunasah atau ormas Islam se-Aceh dipastikan mengikuti musabaqah berhadiah total Rp 52 juta tersebut.

Disebutkan, peserta pawai takbiran dibagi dalam dua kelompok yaitu pejalan kaki/kendaraan hias dan mobil untuk masyarakat umum. Menurut Sulaiman, pawai akan dimulai pukul 20.00 WIB yang diawali dengan shalat Isya berjamaah di Masjid Raya. “Setelah itu baru pelepasan peserta pawai di depan halaman Masjid Raya Baiturrahman yang rencananya dilakukan Plt Gubernur Aceh, Bapak Ir Nova Iriansyah MT,” jelas Sulaiman.

Ditambahkan, pejalan kaki/kendaraan hias yang diikuti remaja masjid/meunasah atau ormas Islam akan start lebih dulu, baru kemudian disusul oleh mobil untuk masyarakat umum. “Kedua kelompok peserta ini akan mengikuti rute masing-masing yang sudah ditentukan panitia,” timpal Sulaiman M Hasan yang juga Kepala Bagian (Kabag) Agama dan Peran ulama Biro Isra Setda Aceh.

Adapun rute pawai takbiran bagi pejalan kaki/kendaraan hias, sebut Sulaiman, setelah start di depan Masjid Raya mereka berbelok ke Jalan Diponegoro, Jalan STA Mahmudsyah, Jalan Tgk Chik Ditiro, hingga ke Simpang Surabaya. Dari situ, peserta menuju ke Jalan T Hasan Dek, Simpang Jambo Tape, lalu berbelok ke Jalan Tgk H Mohd Daud Beureueh, terus ke Simpang Lima, Jembatan Pante Perak, Jalan STA Mahmudsyah, Simpang Kodim, dan terakhir belok ke kanan untuk finish di halaman Masjid Raya.

Sedangkan mobil untuk masyarakat umum, setelah start di depan Masjid Raya lalu belok kanan ke Jalan Diponegoro, STA Mahmudsyah, Simpang Kodim, lalu ke depan Pendopo Gubernur, menuju Simpang Jam. Setelah itu, peserta bergerak ke Jalan Teuku Umar, Simpang PU, Jalan Cut Nyak Dhien, Simpang Dodik, dan belok kiri ke Jalan Soekarno Hatta. Kemudian, belok kiri lagi ke Jalan Prof Dr Mr Mohd Hasan terus ke Simpang Surabaya dan belok kiri ke Jalan Tgk Chik Ditiro, Simpang Kodim, dan finish di depan Masjid Raya. (jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved