Eka Asriani, Teladan Berkat Kecap Manis

DI Puskesmas Peusangan Selatan, Bireuen terdapat sejumlah dokter ditempatkan di sana

Eka Asriani, Teladan Berkat Kecap Manis
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
dr Eka Asriani Dewi 

DI Puskesmas Peusangan Selatan, Bireuen terdapat sejumlah dokter ditempatkan di sana. Satu diantara mereka yakni dr Eka Asriani  Dewi. Wanita kelahiran Bangkinang, Riau, 15 Mei 1983 sudah bertugas sejak 2015 sebagai dokter PTT di Puskesmas Peusangan Selatan. Ia juga pernah bertugas di  Puskesmas Juli I, Pustu Krueng Simpo, dan Puskesmas Makmur.

Pada 2019 ini, Eka terpilih sebagai dokter teladan tingkat kabupaten. Keberhasilan ini mengantar dia untuk mewakili Bireuen pada perlombaan tingkat provinsi. Suksesnya itu tak lepas dari inovasinya dengan program Kelas edukasi calon pengantin menuju pernikahan sehat dan harmonis atau disingkat Kecap Manis.

Apa yang dimaksud dengan program Kecap Manis? Eka menuturkan, selama ini hanya calon pengantin wanita yang diperiksa kesehatan sebelum pernikahan. Kini, berkat inovasi yang dijalankan kalau pengantin laki-laki juga harus diperiksa kesehatannya sebelum pernikahan.

“Kalau dulu hanya wanita yang diperiksa kesehatannya, sedangkan  laki-laki tidak. Sekarang di Peusangan Selatan, kedua calon mempelai harus periksa kesehatan agar menjadi pengantin sehat, bahagia, dan jauh dari penyakit berbahaya,” ungkap Eka yang diangkat sebagai PNS pada 2017 lalu.

Ia mengakui, bahwa awalnya memang sulit dan banyak tantangan. Namun sekarang sudah lancar dengan sistim jemput bola. Artinya, setiap pasangan yang sudah mendaftar ke KUA langsung dikoordinasikan dengan Puskesmas. Lalu, tim berangkat melakukan bimbingan serta memeriksa kesehatan kedua mempelai. “Kini, program itu mendapat sambutan positif,” ungkap dr Eka.

Suksesnya inovasi itu, menurutnya, tak lepas dari koordinasi setiap hari jajarannya dengan pihak KUA, dan perangkat desa. Eka menyebutkan, bahwa program Kecap Manis merupakan cara meningkatkan derajat kesehatan keluarga, masyarakat, maupun generasi muda.(yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved