Dokter Gigi Mengundurkan Diri

Drg Mohd Riza Faisal MARS resmi mengundurkan diri dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pidie. Surat pengunduran dirinya ditujukan kepada Bupati

Dokter Gigi Mengundurkan Diri
SERAMBINEWS.COM/FACEBOOK Riza Faisal
drg Mohd Riza Faisal 

* Dari Kepala DLH Pidie

SIGLI - Drg Mohd Riza Faisal MARS resmi mengundurkan diri dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pidie. Surat pengunduran dirinya ditujukan kepada Bupati Pidie yang ditandatangani pada 14 Agustus 2019. Untuk diketahui, drg Mohd Riza Faisal MARS yang sebelumnya menjabat Direktur RSUD Tgk Chik Di Tiro Sigli dimutasi menjadi Kepala DLH Pidie pada 9 Agustus lalu. Bupati menunjuk dr Rachmad Dermawan SP THT-KL sebagai Plt Direktur RSUD Tgk Chik Di Tiro.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKD-SDM) Pidie, Mukhlis MSi kepada Serambi, Kamis (15/8) mengatakan bahwa dalam surat tersebut, Mohd Riza Faisal meminta untuk diangkat kembali dalam jabatan fungsional, dan tidak bersedia dalam jabatan struktural.

Ia menjelaskan, dengan pengunduran diri drg Mohd Riza Faisal dari Kepala DLH Pidie, kini ada enam Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) yang belum ada pejabat definitif. "Pemkab Pidie akan melelang enam jabatan eselon II untuk ditempatkan di enam SKPK tersebut. Pendaftaran jabatan itu telah dibuka pada 15 hingga 30 Agustus 2019," jelasnya.

Mukhlis menyebutkan, enam jabatan yang dilelang tersebut yaitu Asisten II Bidang Kesejahteraan Setdakab Pidie, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRK Pidie, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Pidie, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pidie, Direktur RSUD Tgk Chik Di Tiro Sigli, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pidie.

Ia menjelaskan, Asisten II Bidang Kesejahteraan Setdakab Pidie sebelumnya dijabat H Maddan MSi, yang kini menjadi Plt Sekda Pidie. Lalu, Sayuti Mukhtar MM, sebagai Plt Sekwan DPRK Pidie. Plt Kepala DLH Pidie kini dijabat Murdani.

Sementara dr Rachmad Dermawan SP THT-KL ditunjuk sebagai Plt Direktur RSUD Tgk Chik Di Tiro Sigli. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pidie, Mansur SE telah memasuki masa pensiun, dan Ir Sofyan sebagai Plt Dinas Pertanian dan Pangan Pidie.

Mukhlis menambahkan, untuk mengetahui secara detail informasi lelang pejabat tersebut, masyarakat bisa mengakses website pemkab Pidie di http://pidiekab.go.id.

Tidak Sesuai Kompetensi

Sementara mantan Direktur RSUD Tgk Chik Di Tiro Sigli, drg Mohd Riza Faisal MARS yang diwawancarai Serambi, kemarin, mengungkapkan alasan pengunduran dirinya dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pidie. Menurut Mohd Riza, jabatan tersebut tidak sesuai dengan kompetensi dan disiplin ilmu yang dimilikinya.

Dia menjelaskan bahwa dirinya merupakan seorang dokter gigi yang juga Master Administrasi Rumah Sakit (MARS). Karena tak ada korelasi dengan jabatan yang diembankan kepadanya itu, Mohd Riza memilih mundur dari Kepala DLH Pidie. "Secara pendidikan saya sangat jauh dengan DLH Pidie. Kecuali saya ditempatkan di Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, sedikit banyaknya ada hubungan dengan pendidikan saya," katanya.

Karena tidak sesuai dengan kompetensinya itu, Mohd Riza Faisal minta dikembalikan ke fungsional sebagai dokter gigi. Pun demikian, sebutnya, mutasi merupakan kewenangan bupati. Dirinya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menerima kebijakan pimpinan. "Waktu pelantikan saya tidak hadir karena sedang berada di luar kota," demikian drg Mohd Riza Faisal.(naz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved