Info Haji

Dua Jamaah Haji Aceh Meninggal  

Inna lillahi wainna ilaihi rajiun. Dua orang jamaah haji Aceh meninggal dunia di Tanah Suci. Masing-masing jamaah haji

Dua Jamaah Haji Aceh Meninggal   
SERAMBINEWS.COM
Daftar enam jamaah haji Aceh yang meninggal dunia di Mekkah dan Mina pada musim haji 2019, hingga 14 Agustus 2019. 

BANDA ACEH - Inna lillahi wainna ilaihi rajiun. Dua orang jamaah haji Aceh meninggal dunia di Tanah Suci. Masing-masing jamaah haji asal Desa Blang Asan, Peusangan, Bireuen, bernama H Amiruddin Muhammad Adam (54) yang meninggal di Mina, Rabu (14/8). Seorang lainnya, H Ibrahim Abdullah Amin (76) asal Gampong Lamjamee Dayah, Kecamatan Simpang Tiga, Aceh Besar, meninggal di Mekkah, Kamis (15/8).

Informasi ini disampaikan Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Aceh, Muhammad Nasril Lc kepada Serambi, Kamis (15/8), yang memperoleh informasi dari petugas haji Aceh di Mekkah.

Nasril menerangkan, almarhum Amiruddin Muhammad Adam yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 9 meninggal pukul 14.00 Waktu Arab Saudi (WAS) saat akan bergerak pulang ke hotel. Dari tim kesehatan, diketahui bahwa almarhum Amiruddin selama tiga hari berturut-turut ikut melontar jamarat sendiri. Tidak ada keluhan terhadap kesehatannya. Hanya saja, Rabu (14/8) pagi, sekitar pukul 06.30 WAS, almarhum mengeluh demam.

Dari hasil diagnosa, almarhum meninggal dunia karena syok kardiogenik atau gangguan jantung mendadak. Sejak tiga tahun lalu, Amiruddin mempunyai riwayat kadar lemak darah berlebihan dan hipertensi. "Saat ini pengurusan sertifikat kematian (CoD) oleh petugas kloter bersama pihak maktab sudah selesai. Jenazah dishalatkan di Masjid Alhijrah Mina, dan dimakamkan di Syaraya," jelas Nasril.

Sementara almarhum Ibrahim Abdullah Amin yang tergabung dalam kloter 4 meninggal setelah shalat Subuh sekitar pukul 05.15 WAS dengan diagnosa penyakit jantung iskemik dan memiliki riwayat dispepsia.

"Sebelumnya jamaah rutin melakukan pemeriksaan dengan petugas kesehatan kloter dengan keluhan nyeri ulu hati. Setelah diperiksa, disimpulkan semuanya dalam keadaan baik," kata Nasril.

Almarhum juga dipastikan sudah melakukan wukuf di Arafah dan melontar jamarat di Mina, serta sudah kembali ke pemondokan di Syisyah. Sehari sebelum meninggal, almarhum mendatangi petugas kesehatan untuk meminta obat lanjutan karena telah habis dan tanpa keluhan fisik apa pun. Hasil pemeriksaan fisik juga normal.

"Setelah shalat Subuh, petugas mendapatkan berita dari sang anak yang juga sekamar dengan almarhum bahwa ayahnya tidak ada respons. Ketua kloter dan dokter langsung datang dan memeriksa kondisi almarhum. Dari hasil pemeriksaan dinyatakan beliau telah meninggal dunia pukul 05.15 WAS," jelas Nasril.

"Insya Allah akan dishalatkan di Masjidil Haram dan akan dimakamkan di Syaraya," katanya.

Nasril mengatakan,  dengan meninggalnya Ibrahim Abdullah Amin, maka sudah tujuh jamaah haji asal Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi pada musim haji tahun ini.(una)

 Jamaah Meninggal

 *Salmiyah binti Muhammad Daud (69) asal Pidie Jaya

*Hazanah binti Muhammad Yusuf (63) asal Aceh Timur

*Abdurahman Chasbullah Surati (62)  asal Banda Aceh

*Tarmizi Bungsu Agam (76) asal Aceh Selatan

*Bungsu Daud binti Daud Cut Agam (68) asal Pidie

*Amiruddin Muhammad Adam (54) asal Bireuen

*Ibrahim Abdullah Amin (76) asal Aceh Besar

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved