Berita Aceh Utara

Rumah Rusak dan Perabotan Basah Diguyur Hujan di Langkahan

Hujan deras disertai angin puting beliung kembali terjadi Kabupaten Aceh Utara sehingga kali ini menyebabkan empat rumah rusak dan perabotan warga.

Rumah Rusak dan Perabotan Basah Diguyur Hujan di Langkahan
Foto kiriman Amir Hamzah BPBD Aceh Utara
Salah satu dari empat rumah yang rusak di Desa Langkahan Kecamatan Langkahan Aceh Utara akibat diterjang angin puting beliung. 

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Hujan deras yang disertai angin puting beliung kembali terjadi Kabupaten Aceh Utara sehingga kali ini menyebabkan empat rumah rusak dan perabotan dalam rumah ikut basah sore tadi.

Beruntung dalam kejadian tersebut tak ada korban jiwa.

“Akibat angin puting beliung tersebut terjadi kerusakan rumah penduduk dan juga ikut tumbang pohon kayu serta menimpa tiang listrik. kami sudah meminta kepada pihak PLN untuk segera memperbaiki tiang listrik yang rusak akibat di terjang pohon yang tumbang,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara Amir Hamzah kepada Serambineews.com, Sabtu (17/8/2019).

Disebutkan, dalam kejadian tersebut juga telah mengakibatkan empat rumah penduduk setempat dengan kondisi rusak parah dan ringan.

Baca: Banjir di Trumon Timur Mulai Surut, Warga Kapak Seusak belum Terima Bantuan

Baca: BPBD Aceh Singkil Cek Alat Pendeteksi Dini Banjir

Baca: Beredar Kabar Hoaks Mina Banjir dan Jemaah Haji Menumpuk, Ini Penjelasan Menteri Agama

Namun, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Para korban kata Amir Hamzah, Yusri, Zaini Abdullah, M Jamil dan Yusri.

“Akibat kejadian ini pemilik rumah mengalamu kerugian materi puluhan juta, karena alat perabot rumah tangga ikut rusak tertimpa runtuhan serta dan basah akibat kena air hujan,” ujar Amir Hamzah.

Karena setelah kejadian tersebut, korban langsung keluar rumah untuk menyalematkan diri. Dalam waktu yang bersamaan kawasan itu juga diguyur hujan deras. “Saat ini kerusakan rumah warga tersebut masih dalam tahap pendataan aparat desa,” kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara.

Disebutkan, pun pihaknya sudah menerima laporan dari camat terkait musibah tersebut, dalam kemungkinan besok atau lusa akan meninjau ke lapangan untuk mendata tingkat kerusakannya supaya dapat ditindaklanjuti sesuai standar yang pernah dilakukan.

“Setiap korban yang rumahnya rusak akan kita data seperti korban sebelumnya. Karena dalam dua bulan terakhir ini sudah beberapa kali terjadi angin kencang dan putting beliung,” pungkas Amir Hamzah. (*) 

Penulis: Jafaruddin
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved